Aliran Listrik Sempat Terganggu, Ini Penjelasan PLN Suluttenggo 

oleh -
General Manager (GM) PLN Suluttenggo Edison Sipahutar
General Manager (GM) PLN Suluttenggo Edison Sipahutar. (Istimewa)

MANADO—Sistem kelistrikan Interkoneksi Sulawesi Utara – Gorontalo sempat mengalami gangguan pada Rabu, 25/7/2018, pukul 13.14 WITA. Dimana terjadi gangguan line transmisi 150 kilovolt (kV) jalur Otam – Lolak.

General Manager (GM) PLN Suluttenggo Edison Sipahutar melalui DM Hukum dan Humas PLN Sulttenggo Jantje Rau mengatakan, gangguan tersebut menyebabkan PLN kehilangan beban di beberapa wilayah Minahasa, dan semua wilayah Kotamobagu dan Gorontalo.

Penormalan dilakukan dengan mengirim tegangan secara bertahap kembali dari Sulawesi Utara ke Kotamobagu kemudian dilanjutkan ke Gorontalo.

“Proses penormalan tersebut dilakukan secara bertahap sesuai dengan SOP, pada pukul 15.01 WITA seluruh Gardu Induk di Kotamobagu dan Gorontalo sudah dalam keadaan bertegangan. Dan dalam waktu 1 Jam 47 Menit sistem kelistrikan di Gorontalo sudah kembali normal,” jelas Rau, Rabu, 25/7/2018.

Rau mengatakan, untuk memastikan penyebab gangguan, saat ini tim pemeliharaan jaringan PLN Area Penyaluran dan Pengaturan Beban  (AP2B) Sistem Minahasa sedang melakukan investigasi ke lapangan di ruas transmisi Otam – Lolak untuk mencari penyebab utama terganggunya pasokan listrik di jaringan tersebut.

“PLN memohon maaf atas ketidaknyamanan pelanggan, apabila terdapat keluhan gangguan, pelaporan dan layanan kelistrikan lainnya, Pelanggan cukup menghubungi nomor telepon 123, mengirim email, atau berkomunikasi lewat saluran media sosial Facebook dan Twitter. Layanan contact center PLN 123 beroperasi 24 jam, tanpa calo, tanpa biaya tambahan, dan cepat. (stn)