Perbaikan dan Pelebaran Jalan Manado-Tondano Rp4,8 Miliar di 2018

oleh -
Kabid Bina Marga Sylvana Rotinsulu
Kabid Bina Marga Sylvana Rotinsulu.(FOTO:IST)
MANADO-Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Daerah (PUPRD) Provinsi Sulut menganggarkan sekira Rp4,8 miliar untuk perbaikan dan pelebaran jalan Manado-Tondano di 2018.
Proses pengerjaannya sering menghadapi hambatan, karena masyarakat pemilik lahan enggan memberikan lahannya untuk dilakukan pengerukan (cutting ground) tanpa adanya ganti rugi.
“Itu yang menjadi hambatan petugas di lapangan. Pihak kami tidak punya anggaran untuk membayar lahan, karena anggaran kami hanya untuk pengerjaan fisik,” kata Kabid Bina Marga, Sylvana Rotinsulu, Rabu (25/7/2018).
Rotinsulu menjelaskan, perbaikan dan pelebaran jalan terbagi dua tahap, yakni tahap pertama di wilayah Rumengkor-Suluun sepanjang 625 meter. Kemudian, tahap atau segmen ke dua di wilayah Sawangan sepanjang 400 meter.
“Jalan tersebut dibuat lebar menjadi 7 meter. Itu agar pengendara bisa merasa aman. Pengerukan bukit dilakukan karena ruas jalan tersebut rawan akan longsor,” tukasnya.
Dia berharap masyarakat di wilayah jalur jalan Manado-Tondano bisa memahami bersama pembangunan jalan yang diperuntukan untuk kepentingan umum.(ivo)