Menteri LHK dan Menko Perekonomian Hadir di HKAN 2018

oleh
Peringatan Hari Konservarsi Alam Nasional (HKAN) 2018 di Kota Bitung. (FOTO: istimewa)

BITUNG – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Siti Nurbaya dan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution hadir dalam peringatan Hari Konservarsi Alam Nasional (HKAN) 2018 di Kota Bitung.

Rombongan disambut Wali Kota Bitung, Maximiliaan J Lomban dan Wakil Walikota Bitung, Maurits Mantiri di Taman Wisata Alam (TWA) Batuputih, Tangkoko, Kamis (30/8/2018).

Dalam sambutannya, Siti Nurbaya mengatakan kampanye konservasi alam harus terus menerus digaungkan.

Dia menyebutkan, agenda ini harus menjadi sikap hidup dan budaya bangsa.
“Kehidupan manusia tergantung pada alam, pada sumber daya yang dihasilkan oleh ekosistem alam. Bila semua itu rusak atau musnah, demikian juga kehidupan kita,” katanya.

Adapun, tema HKAN 2018 ini yakni “Harmonisasi Alam dan Budaya”. Dia menjelaskan, kedua unsur tersebut telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia termasuk di Kota Bitung.

“Kita mengenal berbagai macam pengobatan alternatif lewat bersatunya antara alam dan budaya kita,” tambahnya.

“Saya menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada pemerintah Sulawesi Utara, khususnya Kota Bitung yang telah menyediakan tempat untuk diadakan kegiatan ini. Juga kepada seluruh jajaran yang terlibat langsung dalam kegiatan ini,” pungkas Siti Nurbaya.

Ditambahkan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, ini merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi seluruh komponen masyarakat Sulut ketika rangkaian kegiatan ini boleh diselenggarakan di daerah ini.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat memberikan sambutan. (FOTO: Istimewa)

”Terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada segenap jajaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang telah memilih Provinsi Sulut sebagai tempat pelaksanaan agenda yang sangat strategis dan konstruktif ini. Menjadi harapan, kiranya keramahtamahan dan keindahan panorama alam Bumi Nyiur Melambal akan turut memberikan kesan dan warna tersendiri selama pelaksanaan kegiatan ini,” pungkasnya.

Kesempatan yang sama, Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban berterima kasih atas kepercayaan Pemerintah Pusat sehingga penyelenggaraan HKAN 2018 boleh dilaksanakan di Kota Bitung. Dia juga memaparkan berbagai program Pemerintah Kota Bitung dalam mewujudkan kota bersih dan ramah lingkungan antara lain dengan program Bitung Less Plastic City.

“Program ini dilaunching pada bulan Juli 2017, tepat di peringatan HKAN tahun lalu dan mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat kota Bitung sehingga sampai saat ini kota Bitung mampu menekan keberadaan sampah plastik.” jelas Lomban.

Lomban berharap keberadaan Taman Wisata Alam Batuputih Tangkoko yang dipenuhi dengan berbagai keanekaragaman hayati dan terbuka untuk diteliti. Yang telah menjadi salah satu destinasi wisata kota Bitung yang mendunia, mampu mendapatkan perhatian Pemerintah pusat demi kelestarian dimasa yang akan datang.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekertaris Daerah Kota Bitung, Audy Pangemanan, Ketua TP-PKK Kota Bitung Khouni Lomban-Rawung, Forkopimda, para pejabat lingkup Kota Bitung dan Instansi terkait lainnya. (KORAN SINDO MANADO/Jivlater Langi)