Pemkot Bitung Kirim Bantuan Bencana via Laut

oleh
Tampak Wali Kota Bitung saat melepas rombongan yang akan berangkat ke Palu. (Foto:Istimewa)

BITUNG – Peristiwa gempa bumi dan tsunami yang menimpa beberapa daerah di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mendapatkan perhatian serius dari seluruh daerah di Indonesia termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung.

Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban mengatakan, bantuan telah dipersiapkan lewat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung dari Pelabuhan Samudera Bitung menuju lokasi bencana di Palu, Sulteng, Minggu (30/9/2018).

“Ini sudah menjadi keharusan bagi kita untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita di Palu dan Donggala serta beberapa daerah sekitar akibat gempa dan tsunami,” ujarnya. Dikatakanya lagi, bantuan yang dipersiapkan disesuaikan dengan apa yang sangat dibutuhkan para korban bencana. Antara lain, tenaga relawan dari BPBD Kota Bitung 13 orang, genset tiga unit untuk membantu pasokan listrik, chanshaw tiga unit, tenda tiga unit serta dua truk mi instan yang berjumlah 3.000 dus.

“Semuanya dipersiapkan untuk membantu penanganan darurat bagi pengungsi. Disamping itu juga telah disiapkan bantuan susulan lainnya berupa bahan makanan, selimut, terpal, makanan untuk bayi dan ibu hamil yang rencananya akan diberangkatkan hari ini via darat.

Lomban berharap bantuan yang disalurkan ini bisa membantu mengurangi beban para korban dan pengungsi akibat bencana alam gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala.

Seperti diketahui, gempa bumi 7,7 SR yang mengakibatkan tsunami terjadi di Kota Palu dan Donggala pada Jumat (28/9) menewaskan ratusan jiwa serta ribuan penduduk lainnya terisolasi akibat putusnya akses jalan menuju Kota Palu. (Jivlater Langi/cr)