Cetak Sejarah, Timnas Indonesia U-19 Lolos ke Perempat Final

oleh -
Witan Sulaeman (8) merayakan gol di babak pertama saat Timnas Indonesia U-19 menghadapi UEA U-19 di ajang Piala AFC U-19 2018, Rabu (24/10) Foto-foto: SINDOnews/Isra Triansyah

JAKARTA – Timnas Indonesia U-19 berhasil mengalahkan UEA U-19 dengan skor 1-0 di ajang Piala AFC U-19 2018. Gol Witan Sulaeman menjadi pembeda. Dengan hasil itu Indonesia lolos dari fase grup untuk kali pertama sejak 1978.

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Rabu (24/10/2018) malam WIB, Timnas Indonesia langsung tampil menekan. Namun, berbagai upaya yang dimotori Egy Maulana Vikri belum berbuah hasil.

Kebuntuan skuat asuhan Indra Sjafri baru pecah di menit ke-23. Tepatnya ketika Witan Sulaeman memanfaatkan blunder pemain bertahan UEA dan melakukan sprint sebelum melepaskan tembakan yang tak mampu dijangkau kiper Yousif Ali.

Papan skor berubah 1-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia U-19. Adapun hingga babak pertama berakhir, tidak ada tambahan gol yang lahir. Skor 1-0 menandai keunggulan Skuat Garuda.

Di babak kedua, Timnas Indonesia harus bermain dengan 10 pemain setelah Nurhidayat diganjar kartu merah pada menit ke-53. Tak hanya itu, pemain andalan Egy Maulana Vikri juga terpaksa diganti  Rafi Syarahil pada menit ke-69 karena cedera.

Hingga pertandingan berakhir, Indonesia berhasil mempertahankan skor 1-0. Kemenangan menjadi milik skuat Merah Putih. Di waktu yang bersamaan, Qatar sukses mengalahkan Taiwan dengan skor 4-0.

Dengan hasil tersebut, Timnas Indonesia lolos bersama UEA, sementara Qatar gagal melangkah ke babak knock-out. Ini merupakan pertama kalinya Indonesia lolos dari fase grup Piala AFC sejak 1978. (Sindonews)

Susunan Pemain Kedua Tim 

Timnas Indonesia U-19: Muhammad Riyandi, Asnawi Mangkualam, Nurhidayat, M Luthfie Kamal, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Firza Andika, Rachmat Irianto, Saddil Ramdani, Syahrian Abimanyu, Hanis Saghara

Timnas UEA U-19: Yousif Ali, Ahmad Abdulla, Omar Ahmad Saleh, Ali Saleh Amro, Abdelrahman, Mansor Ibrahim, Ahmad Fawzi, Suhail, Abdulla, Eid Khamis, Majid Rashid, Abdulla Alnaqbi