Dinas Perikanan Kota Bitung Komit Bersihkan Sampah Plastik di Laut

oleh -
Wali Kota Bitung dan Ketua TP-PKK turun langsung mensosialisasikan soal sampah plastik. (Foto: Istimewa)

BITUNG– Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung melalui Dinas Perikanan terus melakukan inovasi agar laut Bitung bersih dari sampah plastik dan dampaknya pada kualitas ikan yang dikonsumsi masyarakat.

Wali Kota Bitung Maximiliaan Lomban didampingi Ketua TP-PKK Kota Bitung Khouni Lomban Rawung  bahkan turun langsung mensosialisasikan kegiatan Tata Kelola Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Higienis Tertib dan Bebas Sampah, Kamis (1/11).

Selain itu, ada peluncuran bank sampah TPI Bitung. Kegiatan “MaMa Tepis Tebas” ini merupakan implementasi proyek perubahan dari Liesje J Macawalang, yang tak lain Kepala Dinas Perikanan Kota Bitung yang saat ini mengikuti Diklat Kepemimpinan tingkat II oleh BPSDM dan LAN.

“Tata kelola TPI dilaksanakan bersama PPS Bitung dalam meningkatkan pelayanan terhadap pelaku usaha perikanan dan pengumpulan data perikanan yang terpadu dengan KKP,” ujar Liesje.

Sementara itu, Khouni Lomban-Rawung yang juga Kepala Sekolah Lingkungan menjelaskan, inovasi bank sampah di TPI agar kapal perikanan yang nantinya mendarat harus membawa pulang sampah plastik sisa logistik yang dipakai selama melaut.

“Nantinya bank sampah dapat membeli dan hal ini selain mengedukasi nelayan juga dapat menambah penghasilan,” jelas Rawung. (Claudia Rahim)