BPK Jalin Kerja Sama Dengan KORAN SINDO MANADO

oleh
Media visit BPK RI Perwakilan Sulut yang diakhiri dengan pertukaran cinderamata di Kantor KSM.(FOTO:Valentino Warouw)

MANADO — Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengunjungi Kantor KORAN SINDO MANADO (KSM), di Jalan 17 Agustus, dalam rangka media visit, Kamis (29/11/2018).

Kunjungan dipimpin Kepala BPK-RI Perwakilan Provinsi Sulut Tangga M Purba bersama rombongan diterima Direktur Operasional (Dirops) KSM Gladys Runtukahu.

Dalam kesempatan tersebut, Purba mengatakan, maksud dan tujuan, agar media bisa mengenal lebih dekat tugas dan fungsi serta ruang lingkup BPK. Sebagaimana diatur dalam UU 1945 Pasal 23E, 23F dan 23G, dan UU No.15 Tahun 2006 tentang BPK serta UU No.15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Keuangan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

“Untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara diadakan suatu BPK yang bebas dan mandiri. Hasil pemeriksaan keuangan negara diserahkan kepada DPR, DPD dan DPRD sesuai dengan kewenangannya. Pun, hasil pemeriksaan tersebut ditindaklanjuti oleh lembaga perwakilan dan atau badan sesuai dengan UU,” terang Purba

Menurut dia, untuk anggota BPK dipilih oleh DPR dengan memperhatikan pertimbangan DPD dan dilantik Presiden. Pimpinan BPK dipilih dari dan oleh anggota. “Untuk tugas melakukan pemeriksaan atas pengelolaan dan pertangungjawaban keuangan negara ,baik di pemerintah pusat dan daerah,” sebutnya.

Dia menjelaskan, visi kami 2016-2020 yakni menjadi pendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai suatu tujuan melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat. “Misi kami, memeriksa pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara secara bebas dan mendiri serta melaksanakan tata kelola organisasi yang berintegritas, independen dan profesional,” jelas dia.

Dia pun berterima kasih kepada KORAN SINDO MANADO yang telah menerima kunjungan media visit. “Kiranya dengan adanya media visit kali ini, KSM bisa mengetahui tugas dan fungsi BPK itu sendiri, sekali lagi kami ucapkan terima kasih,” tutur sosok familiar itu.

Sementara itu, Dirops KSM Gladys Runtukahu mengapresiasi kunjungan BPK-RI Perwakilan Provinsi Sulut. “Semoga BPK dan KSM bisa bekerja sama ke depan, terutama dalam hal publikasi untuk mendukung tugas dan fungsi dari BPK. Sekali lagi terima kasih,” ucap Runtukahu.

Media visit diakhiri dengan diskusi serta foro bersama dan saling tuka cinderamata. (KORAN SINDO MANADO/Valentino Warouw)