Onibala: Kita Akan Undang Camat dan Kapolsek untuk Koordinasi

oleh
Kepala Kesbangpol Sulut Mecky Onibala. (ist)

MANADO-Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sulut akan mengundang Kepala Kecamatan (Camat) dan Kapolsek untuk mengkoordinasikan persiapan pelaksanaan Pemilu 2019. Pertemuan tersebut turut membahas antisipasi dan upaya untuk menciptakan pemilu aman dan damai.

Kepala Badan Kesbangpol Sulut, Mecky Onibala mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan mengirimkan undangan untuk melakukan pertemuan bersama dengan semua Camat dan Kapolsek di 15 kabupaten dan kota.

Rencananya pertemuan akan berlangsung di Kantor Gubernur Sulut. Ini sudah masuk dalam jadwal program kami di 2019,” kata Onibala, Kamis (3/1/2019).

Lanjut dia, Pemprov Sulut tentunya berupaya menunjang bersama program penyelenggara pemilu baik KPU dan Bawaslu Sulut hingga kabupaten dan kota untuk bersama mempersiapakan sejumlah hal agar proses hingga pelaksanaan pemilu dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Terutamanya faktor keamanan. Ini sangat penting, karena pemilu kali ini dilakukan serentak 17 April mendatang untuk pemilihan presiden (pilres) dan calon legislatif (caleg) tingkat pusat dan kabupaten/kota serta calon anggota DPD,” tuturnya.

Meski begitu, Onibala mengakui, sejauh amatan pihaknya serta perkembangan hingga saat ini, efek pelaksanaan pemilu nanti belum ada hal-hal yang dapat menimbulkan sesuatu dampak negatif, baik konflik dan kericuhan antar masyarakat.

Tapi tetap kita antisiapsi. Kita juga rutin lakukan koordinasi bersama pemerintah dan petugas di lapangan yang tersebar di 15 kabupaten dan kota,” tandasnya.

Pengamat kemasyarakatan Johnes Kaseger menuturkan, koordinasi dan sinergi sangat penting baik pemerintah, pihak keamanan dan penyelenggara pemilu dalam menyukseskan pesta demokrasi tersebut. Persiapan dan antisipasi menurutnya sangat penting, supaya dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Adanya pertemaun untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi awal sebelum pemilu merupakan hal yang baik. Kita juga berharap semua masyarakat dapat menunjang bersama pelaksanaan pemilu di Provinsi Sulut,” ungkap Kaseger. (rivco)