Antisipasi DBD, Komisi IV DPRD Sulut Minta Dinkesda Sulut Tetap Lakukan Fogging

oleh -
Sekretaris Komisi IV DPRD Sulut, Fanny Legoh. (FOTO: Istimewa)

MANADO- Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) meminta Dinas Kesehatan Daerah (Dinkeda) Provinsi Sulut untuk melakukan kegiatan pengasapan ini menggunakan bahan insektisida (fogging) ditempat-tempat yang layak dilakukan kegiatan tersebut, untuk mengantisipasi dan memberantas nyamuk Demam Derdarah Dengue (DBD).

“Selama belum ada metode lain dalam memberantas DBD maka fogging merupakan cara yang harus dijalankan,” ujar Sekretaris Komisi IV DPRD Sulut, Fanny Legoh, Selasa (8/1/2019).

“Apakah sudah ada solusi lain secara medis untuk mengobati DBD, kalau memang belum ada dan masih menunggu alat baru, sebaiknya fogging tetap dilaksanakan untuk pencegahan sementara” tambah dia.

Sebelumnya, Kepala Dinkesda Sulut dr Debby Kalalo mengatakan, kalau fogging itu tidak akan maksimal, karena bersifat sementara dan hanya membunuh nyamuk DBD tapi tidak dengan jentik-jentiknya. Selain itu jika kebanyakan fogging bisa berdampak pada keracunan melalui pengasapan. (Christy Lompoliuw/View)