Ayo Jaga Lingkungan! Tas Jaring Solusi Pengganti Kantong Plastik

oleh -
Ibu-ibu rumah tangga di Kota Bitung akan dilibatkan dalam pembuatan tas jaring sebagai pengganti kantong plastik. Tampak foto bersama Wali Kota Bitung dan Ketua TP-PKK serta tim usai pembahasan program tersebut. (Foto: Istimewa)

BITUNG— Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung kian gencar melakukan aksi mengurangi sampah plastik. Berbagai upaya dilakukan untuk kelestarian lingkungan.   Selain menyuarakan bawa tumbler sebagai pengganti penggunaan air minum kemasan plastik, satu lagi solusi yang ditawarkan pemerintah.

Berdasarkan rilis yang diterima SINDOMANADO.COM, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota bitung, bekerja sama dengan Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan dinas perdagangan Kota Bitung, akan memberdayakan ibu-ibu rumah tangga/remaja putri untuk membuat tas jarring.

Tas jaring dinilai akan menjadi solusi mengurangi penggunaan kantong plastik saat berbelanja di toko-toko dan pasar tradisional.

“Tas ini mudah dibawa, elastis dan dapat disimpan di saku/dompet. Selain itu, dapat juga dipakai berulang-ulang. Tentu saja ramah lingkungan,”ujar Ketua TP-PKK Bitung, Khouny Lomban Rawung.

Selain itu, pembuatan tas jaring yang nantinya melibatkan ibu-ibu rumah tangga tersebut, memberikan tambahan penghasilan bagi keluarga.

Manfaat lain dari pembuatan tas jaring ini yakni, menunjang program Pemerintah Kota Bitung less plastic city, pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga dalam menambah penghasilan ekonomi keluarga. (Claudia Rahim)