Laba Bank SulutGo Tahun 2018 Ditaksir Rp350 Miliar

oleh -
Direktur Utama Bank SulutGo Jeffry Dendeng,

MANADO— Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bank SulutGo diperkirakan mencetak laba sekira Rp350 miliar selama kinerja 2018.

“Untuk tahun 2018, laba kami perkirakan dikisaran Rp350 miliar,” ujar Direktur Utama Bank SulutGo Jeffry Dendeng, Kamis, 31/1/2019.

Namun kata dia, nominal itu belum menjadi angka tetap, pasalnya hasil kerja tahun lalu masih di audit oleh akuntan publik. “Data ini masih unaudited ya. Kami sementara tunggu hasil akuntan publik,” paparnya.

Jeffry menjelaskan, kinerja yang baik pada 2018 tercermin dari jumlah nasabah yang melakukan transaksi meningkat 56,92% dibandingkan 2017.

Jika dihitung dari segi nominal, transaksi tersebut meningkat 17%. Tak hanya itu, lanjut dia, transaksi di kas daerah juga mengalami pertumbuhan 26%.

Menurut dia, hal menarik terlihat dari layanan Anjungan Tunai Mandiri (Automated Teller Machine /ATM), dimana terjadi peningkatan yang signifikan sebesar 64%. “Ini tandanya nasabah semakin suka transaksi di ATM, makanya layanan ATM kami akan tambah,” tuturnya.

Hanya saja, capaian laba tahun kinerja 2018 dinilai akan mengalami penyusutan jika dibandingkan kinerja 2017. Bahkan pendapatan 2018 juga akan meleset dari target. Sebab sebelumnya perseroan memproyeksikan bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp450 miliar.

“Keuntungan yang didapat tahun lalu sedikit menurun. Sebab ada salah satu kabupaten yang mengalihkan rekening kas umum daerah di bank lain,” paparnya. (stenly sajow)