Gubernur Olly: THL Pemprov Sementara Diseleksi

oleh -
Tampak, ratusan THL saat dikumpul di Aula Mapalus, Kantor Gubernur Sulut. (ist)

MANADO-Gubernur Olly Dondokambey menegaskan saat ini sedang menyeleksi satu persatu Tenaga Harian Lepas (THL) di Pemprov Sulut. Hal itu supaya THL yang diakomodir betul-betul paham bidang tugasnya.

Kita sementara cek dulu satu persatu. Ini sangat penting untuk memastikan kompetensi serta kemampuan dari semua THL di bidang tugasnya,” ungkap Olly, Rabu (6/2/2019).

Memang hingga awal Februari 2019, Gubernur Olly belum menandatangani Surat Keputusan (SK) dari para THL. Menurutnya, SK untuk THL Pemprov Sulut sedikit lambat karena adanya pelimpahan honorer dari SMA/SMK, yang sebelumnya merupakan kewenangan dari pemerintah kabuapaten/kota.

Karena begini, ada THL guru yang tidak pantas jadi guru. Kita harus tata yang benar. Kan bikin SK untuk THL tak bisa satu-satu, tetapi harus sekaligus,” terangnya.

Dia menjelaskan, contohnya seorang tenaga pendidik harus mempunyai ijazah pendidikan. Kalau dia THL di sekolah untuk mata pelajaran, tentunya harus punya latar belakang pendidikan guru, paling tidak mempunyai sertifikat sarjana.

Ini sangat penting, agar supaya kualitas mengajarnya bisa seimbang,” tuturnya.

Lanjut dia, selain guru Non ASN, ada juga calon THL di lingkup Pemprov Sulut sementara dilakukan pemeriksaan berkas.

Iya, yang lain lagi dicek satu persatu. Kalau sudah tuntas, SK nya akan ditandatangani,” pungkasnya.

Pemerhati politik dan pemerintahan Alvon Kimbal mengatakan, THL ikut berperan dalam menyukseskan program-program pemerintah. Menurutnya, seleksi yang dilakukan Pemprov Sulut baik adanya untuk menentukan THL sesuai kualifikasinya merupakan hal yang baik untuk memaksimalkan kinerjanya.

Ini memang sangat penting, agar supaya THL yang direkrut tahu betul bidang tugasnya. Ini juga akan membantu perangkat daerah menjalankan program untuk menunjang visi dan misi membangun Provinsi Sulut,” tukasnya. (rivco tololiu)