KPU dan Kapolda Sulut Cek Pengamanan dan Sosialisasi Pemilu di Miangas

oleh
KPU dan Kapolda Sulut Cek Pengamanan dan Sosialisasi Pemilu di Miangas. (FOTO: ist)

MANADO- Koordinasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Kepolisian Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam rangka mensukseskan dan mengamankan Pemilu 2019 terus dilanjutkan terlebih khusus di pulau-pulau terluar Indonesia yang ada di wilayah Sulut.

Hal tersebut terlihat saat KPU Sulut dibawah kemimpinan Ardiles Mewoh bersama Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulut, Remigius Sigid Tri Hardjanto saat mengunjungi Pulau Miangas Kabupaten Kepulauan Talaud, Minggu (10/2/2019).

Dikatakan Ardiles Mewoh, pulau Miangas merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang berbatasan dengan negara tetangga Filipina dan merupakan salah satu wilayah kecamatan di Kabupaten Kepulauan Talaud dengan hanya memiliki satu desa, dengan Pemilih terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 529 orang yang terdistribusi di dua TPS.

“KPU Sulut memberi perhatian khusus pada Pulau Miangas mengingat akses informasi dan transportasi yang berbeda dengan daerah lainnya, sekalipun jumlah pemilih hanya 529 orang,” kata Ardiles Mewoh didampingi Komisioner KPU Sulut, Meidy Tinangon, Salman Saelangi dan Lanny Ointoe.

Lanjut dia, pemilih di Miangas harus tersentuh sosialisasi Pemilu agar mereka dapat menggunakan hak pilih dengan benar.

“Kita tidak hanya mengejar kuantitas partisipasi tetapi kualitas juga menjadi perhatian,” lanjut Mewoh.

Dalam kesempatan kunjungan sosialisasi bertajuk “Sukses Pemilu dari Gerbang Utara NKRI” ke daerah perbatasan tersebut, KPU Sulut melalui Ketua Divisi sosialisasi dan SDM, Salman Saelangi menekankan pada kesadaran untuk menggunakan hak pilih dan prosedur penggunaan hak pilih serta proses pindah memilih serta aspek teknis lainnya.

Dalam kunjungan tersebut pula, KPU Sulut bersama Kapolda didampingi PPK kecamatan Miangas meninjau rencana tempat penyimpanan logistik dan rencana lokasi TPS serta melakukan pengecekan kesiapan personil pengamanan Pemilu.

Tampak hadir dalam kunjungan tersebut, Ketua Komisi I DPRD Sulut, Ferdinand Mewengkang, jajaran Polda Sulut dan Polres Talaud, KPU Talaud, PPK dan PPS Miangas. (Christy Lompoliuw)