Dinkesda Sulut Salurkan Bantuan Makanan dan Obat-obatan

oleh -
Pihak Dinkesda dan BPBD Sulut menyalurkan bantuan kepada para korban bencana erupsi Gunung Karangetang di Sitaro. Tampak, Wakil Bupati Sitaro John Palandung bersama tim pemprov usai penyerahan bantuan. (Ist)

MANADO-Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Provinsi Sulut menyalurkan bantuan untuk para

korban bencana erupsi Gunung Karangetang di Kepulauan Sitaro. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Wakil Bupati Sitaro, John Palandung, Rabu (1/2/2019).

Kepala Dinkesda Sulut dr Debie Kalalo mengatakan, pemberian bantuan tersebut merupakan instruksi dari Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw untuk merespon kondisi para korban pascabencana.

Bantuan dibawa langsung oleh tim Dinkesda Sulut ke Sitaro. Ini merupakan aksi tanggap darurat eruspsi Gunung Karangetang,” kata Kalalo.

Dia menjelaskan, adapun bantuan yang disalurkan yakni 50 dus MP Asi Balita, 15 dus makanan untuk ibu hamil (bumil), 25 karton susu instan dan 2 paket obat-obatan. Menurut Kalalo, selain membawa bantuan, tim akan melakukan Rapid Health Assesment atau penilaian cepat akan kebutuhan layanan kesehatan kepada para pengungsi.

Saat ini memang informasinya masih ada sekira 300 orang yang mengungsi. Setelah itu, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sitaro untuk mengatur pos kesehatan di lokasi pengungsian,” tandas Kalalo.

Wakil Bupati Sitaro John Palandung mengatakan, bantuan yang diberikan Pemprov Sulut merupakan kepedulian yang patut diapresiasi, karena menjadi kebutuhan masyarakat di lokasi-lokasi pengungsian. Menurutnya, Pemkab Sitaro terus berkoordinasi bersama sejumlah pihak dan stakeholder terkait, termasuk Pemprov Sulut dalam upaya tanggap darurat bencana erupsi Gunung Karangetang.

Terima kasih kepada gubernur dan wakil gubernur atas bantuannya. Kita juga terus memonitor kondisi setiap hari di lapangan, khususnya di tempat-tempat pengungsian,” tandas Palandung. (rivco tololiu)