Puluhan Ribu Kawula Muda Komit Jadikan Sulut Model Tertib Berlalulintas

oleh -
Puluhan Ribu Kawula Muda Komit Jadikan Sulut Model Tertib Berlalulintas. (FOTO: Istimewa)

MANADO-  Millennial Road Safety Festival (MRSF) yang digagas Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) di Kawasan Pohon Kasih Megamas, Manado, berlangsung spektakuler, Sabtu (2/3/2019).

Puluhan ribu warga yang didominasi kaum milenial tumpah ruah dalam kegiatan yang bertujuan mengampanyekan pentingnya tertib berlalulintas.

Kapolda Sulut Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto mengapresiasi keterlibatan peserta yang jauh melebihi ekspektasi.

“Ini menjadi bukti jika generasi muda di Kota Manado sadar akan pentingnya keselamatan berlalulintas,” ujar Kapolda.

Jenderal bintang dua ini menjelaskan, di indonesia korban meninggal dunia pada 2018, sekira 30.000 jiwa.

“Dari angka tersebut, kaum milenial meyumbang sekira 55,6%. Di Sulut ada sekitar 381 jiwa korban lakalantas,” ungkapnya.

Kapolda menjelaskan, kegiatan ini sebagai wujud kepedulian Polri kepada kaum milenial dan merupakan inisiasi Presiden Jokowi untuk memperhatikan generasi muda guna menekan kecelakaan lalulintas.

“Saya selaku kapolda bersama staf dan jajaran mengajak seluruh generasi milenial untuk menjadikan Sulut sebagai model tertib berlalulintas di mata nasional dan internasional,” ajak Kapolda.

Informasi dirangkum koran ini, pihak panitia menyebut peserta MSRF 2019 sekira 60.000 orang.

“Masyarakat cukup antusias dengan acara ini. Jumlah peserta yang hadir sekira 60.000 orang. Peserta membeludak sampai ke jalan dan ini merupakan record masyarakat terbanyak karena selama ini belum pernah ada acara seramai ini di Kawasan Megamas,” jelas Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Ibrahim Tompo.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan deklarasi keselamatan berlalulintas oleh seluruh elemen dan komunitas kawula muda. Deklarasi dipimpin Putri Indonesia 2018 asal Sulut Stefani Ticoalu.

Isi deklarasi, yakni menjadi generasi yang peduli keselamatan dalam berlalulintas, mendukung seluruh program Polri dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalulintas dan siap  menjadi pelopor keselamatan berlalulintas. Juga dilakukan pembentangan bendera merah putih sepanjang 100 meter dan lebar 1,5 meter. Hingga penampilan artis seperti Gio Idol, Basgilano serta para dancer.

Selain itu, kegiatan dalam rangka menggelorakan keselamatan dalam berlalulintas ini juga diisi dengan berbagai acara seperti safety riding and driving, senam kolosal milenial, jalan sehat dan milenial expo serta penarikan doorprize.

Kegiatan ini dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama forkopimda Sulut, Wali Kota Manado Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan, para PJU Polda, Bhayangkari dan seluruh elemen masyarakat. Terpantau berbagai komunitas hadir di lokasi acara. Mulai dari komunitas motor, Polri, TNI, pelajar, mahasiswa, ASN, Ormas bahkan sampai ibu-ibu pun hadir di acara tersebut. (kimgerry/KORAN SINDO MANADO)