Pemkot Beri Kesempatan Emas Kuliah Gratis di University of Arizona

oleh -
Wali Kota Vicky Lumentut menandatangani MoU dengan Yayasan Putra Sampoerna Foundation, di Jakarta, Rabu (6/3/2019). (FOTO: Istimewa)

MANADO- Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu prioritas pemerintahan Wali Kota Vicky Lumentut dan Wali Kota Mor Bastiaan. Terbukti, dengan sejumlah terobosan yang dihadirkan di dunia pendidikan.

Teranyar, pemkot resmi menandatangani MoU dengan Yayasan Putra Sampoerna Foundation. Di mana, lewat kerja sama tersebut, generasi muda di Kota Manado berkesempatan kuliah di Universitas Sampoerna berkurikulum University of Arizona.

Sekadar referensi, Universitas Arizona merupakan perguruan tinggi pertama di Amerika Serikat. Sekarang ini melebarkan sayap dunia pendidikan ke Indonesia dan bermitra dengan Universitas Sampoerna.

Para dosen yang mengajar berasal dari University Arizona dan sebagian dosen asal Indonesia lulusan institusi pendidikan tinggi dan riset yang berlokasi di Kota Tucson, Arizona, Amerika Serikat itu.

“Ayo, jangan lewatkan kesempatan emas ini. Belajar yang giat agar bisa terpilih melanjutkan pendidikan di Universitas Arizona,” ujar Wali Kota Vicky Lumentut, Rabu (6/3/2019).

Dia mengungkapkan, Manado mendapat jatah 5 pelajar. Syaratnya, raport sampai kelas II rata-rata 80 ke atas. Setelah lulus ujian nasional nanti langsung diterima di Universitas Sampoerna yang berkurikulum University of Arizona.

Menurut Lumentut, Maret ini mulai seleksi untuk lima pelajar SMA. Tes awal, matematika, pengetahuan umum dan bahasa Inggris reading dan writing. Untuk fakultas engineering, di antaranya teknik mesin dan teknik Industri, fakukltas bisnis yakni management dan accounting serta fakultas Pendidikan keguruan, bahasa lnggris dan matematika.

“Yang lolos akan ada tes lanjut. Untuk tempat tinggal selama 4 tahun kuliah disiapkan Universitas Sampoerna. Setelah lulus akan mengantongi ijasah Universitas Sampoerna dan University of Arizona,” jelas wali kota dua periode itu.

Nantinya, mahasiswa asal Manado yang lulus jika dipanggil Pemkot Manado untuk bekerja di daerahnya, dipersilahkan.

“Mereka bebas mencari kerja. Yayasan Sampoerna Foundation juga salurkan mereka bekerja di perusahaan dan sekolah ternama di dalam dan luar negeri,” tandas Lumentut. (kimgerry)