Gaghana: Jokowi Menang Telak di Sangihe        

oleh -
Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana bersama istri saat pemungutan suara. KORAN SINDO  MANADO/ANDY GANSALANGI

TAHUNA—Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, sebagai Ketua Golkar Kabupaten sekaligus ketua pemenangan untuk Calon Presiden Jokowi-Maaruf, membuktikan ucapannya sebelum proses pemungutan suara, saat di wawancarai media ini.

Ditanyakan ke Bupati, prediksi siapa yang akan menang calon Presiden dan Wakil Presiden di Sangihe, Gaghana mengatakan berdasarkan hasil survei di atas kertas Jokowi-Maaruf akan menang.

“Saya sudah lihat hasil survei baik skala kabupaten maupun nasional Jokowi-Maaruf unggul dan kita lihat saja nanti,” ungkap Gaghana

Terbukti, meski belum ada hasil pengumuman resmi dari KPU Kepulauan Sangihe, di lima belas kecamatan di Kabupaten Sangihe, Jokowi-Maaruf menang. “Itukan saya sudah sampaikan bahwa di Sangihe pasti Jokowi-Maaruf yang menang dan selisinya jauh sekali, mengapa Jokowi menang di Sangihe, sebab Jokowi begitu peduli terhadap Kabupaten Sangihe sehingga animo masyarakat untuk mendukung beliau kedua kalinya sangat tinggi,” ujar Gaghana, tadi malam.

Terpantau, orang nomor satu di Kabupaten Sangihe itu pada saat pemungutan suara, ia bersama istrinya Hermin Ririswati Gaghana-Katamsi yang juga sebagai calon DPR RI dari Partai Golkar melaksanakan pemungutan suara di TPS 4 Kelurahan Tona II, kecamatan Tahuna Timur.

Di sana, Bupati memberikan keterangan persnya, bahwa selain pemenangan terhadap pasangan Jokowi-Maaruf, ia juga meyakini bahwa istrinya akan mendapat kepercayaan dari masyarakat Sangihe.

“Saya yakin masyarakat Sangihe akan memilih istri saya sebagai wakil rakyat untuk DPR RI dari Nusa Utara namun semuanya diserahkan ke tangan Tuhan karena manusia hanya bisa berencana tetapi keputusan ada di tangan Tuhan,” ujar Gaghana.

Kemudian, Gaghana juga membeberkan untuk DPRD Kabupaten Sangihe ia menargetkan 10 kursi dari tiga Dapil di Sangihe. “Ya sebagai ketua partai saya yakin untuk DPRD Kabupaten Sangihe Golkar menargetkan 10 kursi, dan target ini realistis dilihat dari kandidat yang kami usung,” tutur Gaghana lagi.

Sementara itu, Wakil Bupati Helmud Hontong, selaku Sekretaris Partai Golkar Kabupaten Sangihe memberikan komentar. Menurut dia,  sepantasnya Jokowi menjadi Presiden kembali mengingat banyak programnya menyentuh masyarakat perbatasan.

“Kalau Jokowi menang kedua kalinya itu wajar karena beliau bekerja untuk rakyat dengan bukti nyata dampaknya sampai ke Kabupaten Sangihe sebagai wilayah perbatasan negara, kami di Sangihe tak akan melupakan jasa dan kerja nyata Presiden Jokowi bagi Kabupaten Sangihe,” kunci Hontong.  (andy gansalangi)