KPU: Pemilu di Sangihe Berjalan Aman

oleh -
Salah satu TPS di Kelurahan Manente, proses pemungutan suara berjalan lancar dan aman. KORAN SINDO MANADO/Andy gansalangi

TAHUNA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Kepulauan Sangihe, sukses menyelenggarakan Pemilu 17 April 2017.

Hal itu dibuktikan dengan situasi dan kondisi saat pencoblosan sampai pasca pemungutan suara.

“Sejauh ini tidak ada masalah siknifikan di lapangan dan diseluruh tempat pemungutan suara (TPS) di Sangihe serentak melaksanakan pemungutan suara tidak ada yang di tunda” kata Ketua KPU sangihe, Elysee Ph Sinadia kepada sejumlah wartawan di KPU Sangihe, Rabu (17/04) .

Menurut dia,  penyesuaian dari para petugas di tempat pemungutan suara (TPS) dan para pemilih dimana Pemilihan Umum (Pemilu) kali ini agak berbeda dengan Pemilu sebelumnya. Sehingga proses perhitungan suara sampai malam hari dikarenakan Pemilihan secara serentak yakni, Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

“Memang durasi waktu di bilik suara cukup lama bagi masyarakat untuk mencoblos pilihan mereka sebab ini Pemilu serentak dan ada lima kertas suara, ada yang ukurannya sedang dan yang ukuran besar, sehingga proses pemungutan suara sampai pada perhitungan suara memakan waktu cukup lama, buktinya sampai malam hari ada TPS masih melaksanakan perhitungan suara,” tambah Sinadia.

Sementara ada persoalan di beberapa TPS di Kecamatan Tahuna Timur terlambat melaksanakan perhitungan suara dari jadwal yang ditentukan yakni pukul 07.00 Wita. Hal ini dikarenakan paku sebagai alat pencoblos tidak tersedia di dalam kotak suara. Menyikapi hal itu, Jack Seba selaku, Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, membenarkannya. Ia mengatakan, penyebabnya human error.

Dimana para pekerja kemungkinan sudah kelelahan sehingga paku lupa di masukan. “Memang ada sedikit kendala di Kecamatan Tahuna Timur, tetapi kami sudah mengatasinya meski ada keterlambatan dalam pemungutan suara, hal ini akan menjadi evaluasi kami, intinya Pemilu tetap berjalan sebagaimana yang diharapkan dan semua terkendali,” ungkap Seba.

Tak hanya kata KPU, Kapolres Kepulauan Sangihe, AKBP sundu F Napitu, juga mengungkap bahwa penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 ini berjalan aman di wilayah hukum Polres Kepulauan Sangihe.

“Sejauh ini tidak ada gejolak atau gangguan kamtibmas, sehingga Pemilu di Kabupaten Sangihe aman, dan saya berharap situasi yang sama dapat dipertahankan sampai proses tahapannya selesai,” pungkas Napitu.

Lanjut Kapolres, untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan Polres terap menyiagakan personil untuk mengamankan kotak suara yang akan di angkut dari TPS sampai ke KPU.  (andy gansalangi)