Dinas Kesehatan Siapkan Posko Pelayanan Khusus Bagi Penyelenggara Pemilu

oleh -
Petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mitra disiagakan di sejumlah tempat pelaksanaan pleno rekapitulasi perhitungan suara tingkat kecamatan. (Foto:Istimewa)

RATAHAN– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) menyiapkan Posko Kesehatan di sejumlah tempat pelaksanaan pleno rekapitulasi tingkat Kecamatan di seluruh wilayah. Langkah ini dilakukan sebagai langkah tanggap atas informasi banyaknya petugas penyelenggara yang kelelahan sejak digelarnya proses perhitungan suara hingga rekapitulasi.

Posko ini terlihat mulai beroperasi di sejumlah tempat dengan kehadiran petugas kesehatan dan peralatan penunjang medis. Terpantau beberapa petugas penyelenggara mulai dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panwas Kecamatan hingga petugas kepolisian dan TNI melakukan tensi darah hingga menerima vitamin.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mitra, Helny Ratuliu mengungkapkan, langkah ini dilakukan atas perintah bupati James Sumendap. Dalam arahannya bupati meminta agar jajaran petugas siaga disetiap tempat pelaksanaan peno rekapitulasi.

“Mulai hari ini (Kemarin) seluruh jajaran dinas kesehatan terlebih petugas kesehatan di Puskesmas diturunkan. Kami berharap dengan ini kita bisa membantu para petugas penyelenggara yang sementara menjalankan tugas,” ujarnya.

Sampai saat ini dirinya mengakui jika dari Posko yang didirikan, belum ada laporan dari pihaknya terkait penanganan serius menyangkut kesehatan para petugas penyelenggara.

“Kita berharap agar sampai tuntasnya pelaksanaan rekapitulasi nanti, semua baik baik saja dan dalam keadaan sehat. Tapi kami juga meminta petugas kami untuk tetap standby dilapangan,” sebutnya.

Di pihak lain, sejumlah petugas penyelenggara mengaku sangat terbantukan dengan hadirnya para petugas kesehatan. Mereka mengakui jika tahapan Pemilu kali ini terbilang berat sebab harus digelar satu sampai larut malam bahkan hingga subuh.

“Tadi banyak juga yang lakukan pengukuran tensi darah. Kami juga diminta menyampaikan keluhan terkait kesehatan. Tapi puji Tuhan sampai sekarang masih mampu melaksanakan tugas,” ujar Theo Kapahang selaku Ketua PPK Kecamatan Ratahan Timur.

Sementara, dari pantauan, pelaksanaan rekapitulasi perolehan suara tingkat kecamatan, sudah dimulai sejak Sabtu akhir pekan kemarin. Diprediksi untuk proses rekapitulasi akan berlangsung hingga tiga hari sebelum batas akhir yang ditetapkan KPU.

Ketua KPU Kabupaten Mitra, Wolter Dotulong mengungkapkan proses rekapitulasi secara serentak di semua kecamatan sudah dan sementara berlangsung. Diapun meminta jajarannya untuk teliti termasuk juga menjaga kesehatan.

“Ini konsekuensi dari tugas yang diembankan bagi kita sebagai penyelenggara. Kita harus tuntaskan dan tetap menjaga proses dan tahapannya sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya. (Marvel Pandaleke)