Idul Fitri, Pertamina Tambah Pasokan Avtur di Bandara Sam Ratulangi

oleh -
PT Pertamina (Persero) MOR VII memastikan stok dan distribusi avtur sangat aman dan lancar. (Foto: Istimewa)

MANADO—Pertamina memprediksi, pada moment Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, permintaan avtur di Bandara Sam Ratulangi Manado akan mengalami peningkatan.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR VII, Hatim Ilwan mengatakan, pada musim mudik Idul Fitri 1440 H, frekuensi penerbangan di Manado, Sulawesi Utara akan meningkat.

“Di Bandara kami perkirakan permintaan avtur akan meningkat sekira 3%,” ujar Hatim, Jumat, 31/5/2019.

Jumlah tersebut kata dia, akan mengalami peningkatan dari 127,5 KL per hari menjadi 131,34 KL per hari. Atau bertambah sekira 3,84 KL per hari

Karena itu kata dia, Pertamina MOR VII siap melayani kebutuhan avtur di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) yang tersebar di seluruh Sulawesi, termasuk di Manado. “Rata-rata ketahanan stok avtur di wilayah MOR VII mencapai 16,6 hari,” ujarnya.

Ketujuh DPPU Pertamina yang hadir memberikan servis penjualan avtur itu tersebar di 6 Provinsi. “Di Sulawesi Tengah terdapat dua bandara yakni Mutiara di Palu dan Bubung di Luwuk,” ujarnya. Sementara 5 provinsi lainnya terdapat masing-masing satu DPPU, yakni Hasanuddin (Sulsel), Sam Ratulangi (Sulut), Jalaluddin (Gorontalo), Haluoleo (Sultra) serta Tampa Padang (Sulbar).

Jika rata-rata konsumsi harian avtur sepanjang 2019 mencapai 986 KL/hari, maka khusus H -/+ 7 lebaran volume avtur yang bakal dikonsumsi oleh pesawat-pesawat yang hilir mudik dan singgah di tujuh bandara di Pulau Sulawesi ini mengalami lonjakan menjadi 1.035 KL/hari. (stenly sajow)