Jabes Gaghana Jadi Inspektur Upacara Kelahiran Pancasila

oleh -
Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana

TAHUNA–Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2109 di laksanakan di lapangan Pendopo Rumah Jabatan Bupati.

Hadir pada pelaksanaan upacara tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Edwin Roring, Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Donny Aribowo, Kapolres Sangihe AKBP Sudung F Napitu, para Pimpianan OPD, sedangkan untuk peserta upacara TNI-Polri, Pamong Praja, ASN dilingkup Pemkab Sangihe, Mahasiswa dan Pelajar.

Bupati membacakan sambutan Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila mengatakan, peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, tidak sekedar diperungati dengan upacara namun Pancasila haruslah menjadinidiologi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pancasila mampu menyatukan semuanya sebagai satu bangsa dan hidup dalam negara kesatuan Republik Indonesia, meskipun kita berbeda suku, agama dan Ras, didalam Pancasila tertera jelas kebinekaan tunggal ika adalah ikatan yang tidak bisa dilepaskan oleh kepentingan apapun,” ucap Gaghana.

Ia, juga menyampaikan, bahwa kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air Indonesia, melalui pilar NKRI, sehingga kekuatan persatuan didalam Pancasila inilah membuat Indonesia semakin kokoh berdiri diapit dua samudra Pasifik dan Hindia, serta diantara dua benua Asia dan Australia menunjukkan bahwa sebagai bangsa memiliki ruang hidup tanah air, sebagai satu kesatuan ada relasi yang berpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan.

“Kita harus akui bahwa sampai saat ini eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara, dapat bertahan semua karena pengikat yaitu Pancasila sebagai suatu keyakinan dan perekat seluruh elemen di bangsa ini olehnya Pancasila sebagai dasar negara sudah final sehingga nilai-nilai Pancasila harus dapat diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat Indonesia” kunci Gaghana. (andy gansalangi)