Perhumas Gelar Dialog Lingkungan di Kota Bitung

oleh -

BITUNG- Badan Pengurus Cabang Perhimpunan Hubungan Masyarakat (BPC Perhumas) Manado akan keliling Sulawesi Utara (Sulut) untuk menggelorakan #IndonesiaBicaraBaik.

Kota Bitung menjadi kota yang pertama dikunjungi Perhumas Manado. Hal menarik dari kota berpenduduk sekira 269.396 jiwa ini adalah kepedulian pemerintahnya terkait masalah lingkungan, yang kini diikuti oleh kabupaten/kota lain di Sulawesi Utara.

BPC Perhumas Manado akan menggelar dialog lingkungan bertema “Dampak Aksi Lingkungan Kota Bitung terhadap Dunia” di Ruang Sidang Lantai IV, Kantor Wali Kota Bitung, Senin (17/6/2019).

Hadir sebagai narasumber, Kepala Sekolah Lingkungan Kota Bitung, Khouni Lomban-Rawung (KLR). KLR yang juga menjabat Ketua TP-PKK Bitung ini dikenal begitu aktif memberi contoh dan tak henti mengampanyekan persoalan lingkungan.

Ketua BPC Perhumas Manado, Gladys Runtukahu mengatakan, persoalan lingkungan sudah kian kompleks. Mulai dari
pencemaran plastik di lautan, tumpahan minyak dan gas, illegal logging, perampasan laut (Ocean grabbing) hingga pertambangan yang kerap merusak ekosistem, dan persoalan lainnya.

“Ini persoalan serius. Perlu ada tindakan nyata lewat regulasi maupun sosialisasi yang tak putus-putus dilakukan. Sejauh pengamatan kami, Pemerintah Kota Bitung dan Sekolah Lingkungan sangat concern dengan hal ini,” ujar Runtukahu, Minggu (16/6/2019).

Lanjut Runtukahu, pihaknya mengambil peran untuk memberi pemahaman tentang persoalan lingkungan lewat dialog. “Bagaimana mungkin humas akan menyuarakan masalah lingkungan bila tidak paham atau tidak tahu apa yang terjadi selama ini,” ucapnya.

Semantara itu, ditambahkan Sekretaris BPC Perhumas Manado, Windy Hapsarani, dalam dialog lingkungan ini, pihaknya mengundang pimpinan maupun humas perusahaan-perusahaan swasta di Kota Bitung. “Kami berharap apa yang akan disampaikan dalam dialog lingkungan ini, memberi informasi baru untuk kemudian disampaikan lagi kepada masyarakat,” ujarnya.

Adapun, dialog lingkungan ini turut disponsori PT Daya Adicipta Wisesa (DAW) dan JNE Cabang Utama Manado, dengan media partner KORAN SINDO MANADO.

Diketahui, #IndonesiaBicaraBaik adalah slogan resmi Perhumas Indonesia yang mengandung ajakan gerakan sosial yakni hijrah dari pesimistis menuju optimistis. Dalam Konvesnsi Nasional Humas 2018, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa #IndonesiaBicaraBaik adalah hijrah dari semangat negatif kepada semangat positif, dari hoaks ke fakta, dari kemarahan ke pada kesabaran, dari hal buruk ke hal baik dan dari ketertinggalan kepada kemajuan. (Claudia Rahim)