Rayakan Pengucapan Syukur di Pinamorongan, Bupati CEP Instruksikan Warga Kurangi Penggunaan Sampah Plastik

oleh -
Bupati CEP didampingi anaknya Adrian Jopie Paruntu bersama sejumlah jemaat usai pentahbisan Gereja GMIM Efrata Pinamorongan, Minggu (14/7/2019). (ist)

AMURANG — Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu (CEP), menghadiri ibadah pengucapan syukur dan pentahbisan Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Efrata Pinamorongan, Kecamatan Tareran, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Minggu (14/07)

Ibadah ini dipimpin Wakil Ketua Sinode GMIM, Pdt Antonius Dan Sompe. Dalam khotbahnya Pdt Sompe, menyampaikan perenungan firman Tuhan terkait pertobatan yang mendatangkan berkat dalam pembacaan Alkitab Yoel 2 : 18 – 27.

CEP dalam sambutannya, mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada segenap komponen jemaat GMIM Efrata Pinamorongan, teristimewa panitia pembangunan yang telah berupaya keras dalam pembangunan sebagai implementasi tanggung jawab iman.

“Mengucap syukur sudah seharusnya menjadi karakter dan kebiasaan kita dalam kondisi apapun itu, baik untung maupun rugi, sehat ataupun sakit, dalam suka ataupun duka karena itulah yang dikehendaki Tuhan. Hari ini seluruh lapisan masyarakat Minsel merayakan hari pengucapan syukur yang merupakan tradisi dan budaya sebagai wujud pengakuan iman,” ujar CEP.

Ia berharap, seluruh jemaat dapat memaknai pengucapan syukur bukan ajang menunjukkan kemewahan, apalagi pesta pora. Tetapi dirayakan dengan menekankan kepada semangat kebersamaan, silahturahmi, kekeluargaan, dan dilakukan secara sederhana.

“Apresiasi kepada seluruh persekutuan gereja di Minsel yang telah berperan bagi pembangunan daerah serta peningkatan SDM. Hendaknya pengucapan syukur membawa semangat revolusi mental bagi kita untuk menolak berbagai penyakit masyarakat seperti mabuk-mabukan,  judi, togel, tarkam dan hal-hal negatif lainnya,” tambah CEP.

Tak lupa, CEP mengingatkan akan ada banyak tamu dan kerabat yang akan berkunjung dan sebagai tuan rumah yang baik marilah kita menjaga kebersihan, keamanan, ketertiban, menjaga keraturan dan kelancaran lalulintas. “Kita juga tingkatkan komitmen untuk mengurangi pengunaan sampah plastik dalam berbagai aktivitas masyarakat dengan menganti wadah isi ulang,” pungkasnya. (jivlater langi)