BPC Perhumas Manado Gandeng Pemkot Manado Gelorakan #IndonesiaBicaraBaik

oleh -
Foto bersama usai coffee morning di Aston Manado Hotel, Selasa (30/7/2019). (istimewa)

MANADO — Badan Pengurus Cabang (BPC) Perhimpunan Humas (Perhumas) Manado menggelar Coffee Morning di Aston Manado Hotel, Selasa (30/7/2019).

Pertemuan bulanan tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahmi antarsesama pengurus BPC serta sebagai momen untuk berdiskusi membahas isu kehumasan yang sedang berkembang saat ini.

Selain itu, coffee morning BPC Perhumas Manado kali ini juga bertujuan mempersiapkan event kampanye #IndonesiaBicaraBaik yang akan digelar dalam waktu dekat, sebagai bagian dari rangkaian sosialisasi yang akan digelar di seluruh kabupaten/kota di Sulut.

Menariknya, kali ini BPC Perhumas Manado mengajak Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, dalam hal ini Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Erwin Kontu, Kepala Dinas Pariwisata Lenda Pelealu dan Kabag Humas Pemkot Manado Sonny Takumansang.

Menurut Ketua BPC Perhumas Manado Gladys Runtukahu, setiap masyarakat Sulut adalah humas bagi daerah masing-masing. Jadi, anggota Perhumas Manado wajib memberitakan kebaikan dan hal-hal positif dalam mendukung setiap program Pemkot Manado, terlebih saat ini sedang ada gelaran Manado Fiesta 2019.

Dalam kesempatan tersebut, BPC Perhumas Manado bersama Pemkot Manado berdiskusi, menyamakan persepsi terkait kesalahpahaman dalam mempromosikan event MF yang sempat viral dua hari terakhir. BPC Perhumas turut menghadirkan salah satu youtuber Sulut.

“Kita berada pada era disrupsi, di mana teknologi informasi mau tidak mau menuntut humas lebih well prepare dalam pengelolaan krisis atau bad publicity. Humas fungsinya tidak lagi sekadar membuat rilis, mengatur protokol atau mengambil foto. Semua itu mulai diambil alih teknologi. Humas harus memiliki empati yang tinggi, sesuatu yang tidak bisa digantikan mesin” jelas Runtukahu.

Runtukahu memberi apresiasi terhadap Pemkot Manado yang bertindak sportif meminta maaf dalam krisis PR yang dihadapi. Juga keterbukaan untuk saling berbagi ilmu, pengalaman dengan sesama BPC Perhumas Manado.

Ilona Emod menambahkan, BPC Perhumas akan siap membantu dinas pariwisata dalam pengelolaan informasi baik demi multiplier efek yang akan dirasakan oleh seluruh warga Manado.

Adapun, Perhumas Coffee Morning dipandu oleh Lenny Suparti, dan dihadiri oleh sebagian BPC Perhumas.

Diskusi santai yang berlangsung sekira tiga jam tersebut menjadi momen berbagi pengetahuan dan sepakat untuk menggelorakan #IndonesiaBicaraBaik dan #ManadoBicaraBaik.

“Selalu ada peluang di setiap krisis, kita pastikan bersama setiap masalah bisa diatasi dengan efektif dan efisien, bukan menambah masalah baru dengan memperkeruh suasana,” tutup Runtukahu. Kepala Bagian Pem-Hum Setda Kota Manado Sonny Takumansang menyambut baik kegiatan yang digagas BPC Perhumas ini. “Ini merupakan kegiatan positif untuk saling sharing persoalan terkini dan solusi permasalahan di era disrupsi,” tukas Takumansang diiyakan Kepala Diskominfo Erwin Kontu. (kimgerry)