Ray Dondokambey, Putra Gubernur Sulut Ikut Ukir Sejarah Baru di Teluk Manado

oleh -
Ray Dondokambey saat setelah selesai menyelam massal di Teluk Manado. (Ist)
MANADO-Ray Dondokambey, putra Gubernur Sulut Olly Dondokambey menjadi salah satu peserta yang turut dalam pemecahan rekor dunia selam massal di Teluk Manado, Sabtu (3/8/3019).
Ray yang masih berstatus pelajar kelas III SMP tersebut, ikut bergabung bersama para penyelam lainnya dari seluruh Indonesia untuk mengukir sejarah baru di Sulut.
Upaya pemecahan rekor dunia ini dimotori langsung Organisasi Wanita Selam Indonesia (WASI) yang diketuai istri Kapolri Tito Karnavian.
Pemecahan rekor dunia selam yang berhasil dilakukan yaitu penyelaman terbanyak yang diikuti 3157 orang dengan pembentangan bendera terpanjang.
Penyelaman massal di Teluk Manado tersebut berhasil mematahkan Rekor Human Chain di Guinness World Record (GWR) yang sebelumnya dipegang Amerika Serikat dengan 386 penyelam.
“Kita harus bangga menjadi peserta hari ini. Satu orang hari ini adalah pelaku sejarah di Pantai Kawasan Megamas, Manado,” kata Ibu Tri Tito Karnavian.
Menurutnya acara seperti ini mungkin hanya akan terjadi satu kali seumur hidup. Selam massal sangat sulit dilakukan tanpa koordinasi yang tepat.
“Para peserta hari ini harus bangga. Sebab, masih banyak penyelam lain yang ingin berpartisipasi tapi tak bisa ikut karena waktu pendaftaran serta fasilitas tak mencukupi,” ungkapnya sembari menyebut peserta yang bergabung diantaranya dari Malaysia, Australia, Amerika dan Mesir. (rivco tololiu)