Pemprov Gandeng 50 Perusahaan Buka 2.481 Lowongan Kerja

oleh -
Kepala Disnakertrans Erny Tumundo saat memantau pameran bursa kerja yang dihadiri ribuan orang di IT Center Manado, waktu lalu. (Ist)

MANADO-Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) membuka sekira 2.481 lowongan pekerjaan dalam pameran bursa kerja (job fair) 2019 yang akan berlangsung selama empat hari (6-9 Agustus) di IT Center dan Hotel Sahid Manado.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulut, Erny Tumundo mengatakan, pameran bursa kerja ini bertujuan menekan angka pengangguran sebagaimana yang terus diupayakan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK).

Hingga siang tadi sudah ada sekira 1518 pelamar yang mendaftar lewat aplikasi e-bursa kerja. Kita juga buka pendaftaran manual besok di IT Center,” kata Tumundo, Senin (5/8/2019).

Lanjut dia, pameran bursa kerja ini akan dilakukan di dua tempat. Pertama di IT Center 6-7 Agustus, kemudian di Hotel Said Manado 8-9 Agustus yang bekerjasama dengan Kementrian Tenaga Kerja (Kemnaker).

Tercatat hingga kini ada 50 perusahaan yang berpartisipasi dengan membuka sebanyak 2.481 lowongan pekerjaan,” jelasnya.

Dia menuturkan, perusahaan yang membuka lamaran mencari banyak jurusan baik lulusan SMA/SMK se derajat dan S1. Masyarakat diharapkannya dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk bekerja di perusahaan.

Yang berpartisipasi ada perusahaan nasional dan ada lokal. Ada juga dari BUMN bidang perbankan,” sebutnya.

Tumundo mengakui, pemerintah daerah (pemda) di kabupaten dan kota kiranya dapat mendorong program seperti job fair untuk menekan angka pengangguran di daerahnya masing-masing.

Setahu saya, pemda yang menggelar job fair selain pemprov ada Kabupaten Minahasa, Minahasa Utara (Minut), Kota Manado dan Tomohon. Kalau daerah lainnya belum ada yang saya tahu,” bebernya. (rivco tololiu)