Gerak Cepat OD-SK Dipuji, Tim Pemprov Sulut Tiba di Wamena

oleh -
Tim Kemanusiaan OD-SK saat berjumpa warga kawanua di Sentani dan Wamena. (ist)

WAMENA – Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) bergerak cepat membantu masyarakat kawanua yang terdampak kerusuhan di Wamena, Papua.

Tim kemanusiaan yang diturunkan yakni Kepala Badan Kesbangpol Meiky Onibala, Kepala BPBD Joy Oroh, Karo Pemerintahan Jemmy Kumendong beserta sejumlah pejabat Dinas Sosial (Dinsos) berhasil tiba di Wamena, Sabtu (5/10/2019).

Tim Pemprov Sulut ini sebelumnya bertolak dari bandara Sentani, Kabupaten Jayawijaya.

Warga kawanua memuji langkah OD-SK yang menurunkan Tim Kemanusiaan ke Wamena. (Ist)

Kepala Badan Kesbangpol Mecky Onibala mengatakan, Tim Kemanusiaan OD-SK telah menemui warga kawanua yang berada di Wamena, bahkan berhasil menemui dan berdialog dengan Bupati Kabupaten Jayawijaya John Richard Banua, Sekretaris Daerah Kabupaten Jayawijaya serta jajaran pemkab setempat.

“Warga kawanua ada bae-bae, dan Wamena saat ini sudah kembali kondusif. Wamena aman,” kata Onibala yang saat itu bersama Bupati John Richard Banua di tempat penampungan Sembako.

“Jaminan keamanan bagi warga kawanua di Wamena, langsung disampaikan Pak Bupati John Banua,” sambungnya.

Tim Kemanusiaan OD-SK menyalurkan bantuan berupa makanan dan kebutuhan lain kepada warga kawanua di Sentani dan Wamena. (Ist)

Hanya saja, kata dia, akibat masih trauma atas kejadian kerusuhan Wamena, ada beberapa warga kawanua masih memilih dievakuasi ke Sentani untuk bergabung dengan keluarganya yang sudah terlebih dahulu dievakuasi ke Sentani, Jayapura.

Onibala menambahkan, sebagian besar pengungsi yang kini masih berada di Sentani Jayapura dan hendak kembali pulang ke Sulawesi Utara, akan diangkut melalui Kapal Laut.

“Warga kawanua terdampak peristiwa kerusuhan di Wamena memberi apresiasi yang sangat tinggi bahkan sangat bersyukur atas bantuan dan perhatian yang begitu luar biasa dari Pemprov Sulut dalam hal ini, Gubernur Olly Dondokambey SE, Wagub Steven Kandouw dan Sekprov Edwin Silangen,” ujarnya.

Lanjut Onibala, semua warga kawanua di Papua memuji langkah cepat, responsif dari Pemprov Sulut yang langsung mengirimkan Tim Kemanusiaan OD-SK ke Sentani dan Wamena.

“Dorang senang sekali atas perhatian pak Gubernur, pak Wagub dan pak Sekda,” ucap Onibala.

Sementara, Bupati John Richard Banua menyerukan agar warga pendatang segera kembali ke Wamena, karena kondisi keamanan sudah membaik dan kembali beraktivitas seperti biasanya.

Pemda Jayawijaya bersama TNI/Polri menjamin situasi Wamena kembali kondusif, sehingga aktivitas di wilayah itu, kembali berjalan seperti biasanya. (rivco tololiu)