Eman Promosikan Pariwisata Kota Bunga di AIS Forum SBS 2019

oleh -
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan dan menyempatkan diri meninjau stand Pemkot Tomohon yang diterima langsung oleh Wali Kota Jimmy Eman.

TOMOHON—Kegiatan Archipelagic and Island States Forum Startup and Business Summit (AIS Forum SBS) 2019, terkait pembangunan kerjasama konkret dengan fokus empat area kolaborasi yakni Blue Economy, Mitigasi Perubahan Iklim dan Bencana, Polusi Laut akibat sampah plastik dan Good Ocean dan Maritie Governance, sementara dilaksanakan di Kawasan Mega Mas Manado, Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Kegiatan yang dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan didampingi oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey, mendapatkan dukungan penuh dari Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, dengan turut serta dalam kegiatan tersebut.

Di mana Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon saat ini telah melaksanakan program dalam mengurangi sampah plastik. Yakni dalam setiap acara tidak menggunakan air minum kemasan plastik, serta mengajak para ASN dan BUMD membawa tumbler dan kegiatan ramah lingkungan lainnya.

Wali Kota Eman, mengatakan dukungan dan sinergitas Pemkot Tomohon dalam program ODSK dalam pembangunan dan kemasyarakan tercermin dari laju pembangunan infrastruktur.

“Dari berbagai lini utamanya kepariwisataan yang menjadikan Tomohon sebagai daerah utama yang mendukung kepariwisataan di Sulawesi Utara dengan infrastruktur yang memadai dan obyek-obyek wisata yang memadai,” tutur Eman, Kamis, 31/10/2019.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan peninjauan stand pameran oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan dan menyempatkan diri meninjau stand Pemkot Tomohon yang diterima langsung oleh Wali Kota Jimmy Eman.

Wali Kota Eman pun, dalam kesempatan itu sedikit mempromosikan Tomohon sebagai sebagai salah satu destinasi pariwisata di Sulut. Kota Tomohon mendukung penuh langkah Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Wagub Steven Kandouw dalam memajukan pariwisata Sulut yang telah menjadi satu kawasan prioritas dalam pengembangan pariwisata di Indonesia.

Diketahui, Archipelagic and Island States (AIS) Forum, Startup and Business Summit yang akan berlangsung di Sulawesi Utara selama dua hari, merupakan wadah yang mempertemukan 41 negara pulau dan enam negara kepulauan dari kawasan Pasifik Selatan, Karibia, Asia, Afrika, dan Eropa, serta pembangunan kerja sama konkret dengan fokus pada empat area kolaborasi yakni blue economy, mitigasi perubahan iklim dan bencana, polusi laut akibat sampah plastik, dan good ocean and maritime governance.

Hajatan itu sendiri, dihadiri para kepala daerah di Provinsi Sulut dan para stakeholder terkait lainnya yang ada. (fernando kembuan)