Tomohon Siap Sukseskan Visi Besar Pariwisata Presiden Jokowi  

oleh -
Tomohon Siap Sukseskan Visi Besar Pariwisata Presiden Jokowi  

TOMOHON –Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon mendukung penuh visi besar Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Hal ini nampak dari sinergitas yang terus dilakukan oleh Pemkot Tomohon dibawa pimpinan Wali Kota Jimmy Feide Eman dan Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan dalam menjalankan roda pemerintahan di Kota Bunga dengan pemerintah pusat.

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman mengatakan, pihaknya memberikan dukungan dan sinergi terhadap visi besar Bapak Presiden dan Wakil Presiden RI dalam bidang SDM infrastruktur penunjang ekonomi melalui kepariwisataan.

Menurutnya, reformasi ekonomi untuk Kota Tomohon lebih dititik beratkan pada sektor pariwisata, maka sebagai bagian dari Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN) dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Tomohon-Tondano dan sekitarnya sebagaimana tercantum PP nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional (Riparnas) tahun 2010-2025 Pemkot berkehendak menjajaki terbukanya peluang menjadikan Tomohon sebagai salah satu “The New Growth Pole”.

“Setidaknya di skala ekonomi regional Sulut dengan mengusung usulan pemantapan dan akselerasi perwujutan Tomohon sebagai salah satu KPPN dan KSPN sebagaimana di atas juga penjajakan kemungkinan pembentukan KEK pariwisata dataran tinggi,” papar Eman.

Selanjutnya, kata Eman ini terkait dengan rencana strategis ini, merupakan peluang emas yang wajib disikapi dengan penjajakan besar untuk penyiapan rencana aksi besar oleh Pemkot Tomohon. Sebab, masuk dalam halaman rencana aksi ini didasarkan potensi Kota Tomohon.

Karena itu, pihaknya berharap sinergitas perangkat daerah dengan menindak lanjuti kegiatan ini, bersama komponen terkait bersama para pemangku kepentingan dalam bidang kepariwisataan, sebagaimana kegiatan yang diikuti Kepala Bapelitbang Kota Tomohon Royke Roeroe saat bertatap muka dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Jumat (8/11/19) lalu. (fernando kembuan)