Tumbuh 6,87%, Penyaluran Kredit BSG Capai Rp11,96 Triliun

oleh -
Performa BSG di sektor kredit cukup menggembirakan, di mana jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada september 2019 tumbuh 6,87%. Istimewa

MANADO—PT Bank Sulutgo (BSG) mencatat kinerja positif di sektor kredit, di mana pinjaman yang disalurkan per September 2019 menyentuh Rp11,96 triliun.

Direktur Utama BSG Jeffry Dendeng menerangkan, performa pada bulan kesembilan tahun ini cukup menggembirakan. Lantaran jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya mengalami peningkatan. “Kinerja kredit tahun ini sampai September tumbuh 6,87%,” ujar Jeffry, Senin, 25/11/2019.

Terkait komposisi kredit, Direktur Operasional BSG  Welan Palilingan menerangkan, realisasi kredit di  2019 masih didominasi kredit komsumtif. “Dari total Rp11,96 triliun, kredit konsumtif menyentuh  Rp10,6 triliun,” ujarnya.

Sementara itu, kredit produktif mencapai Rp1,3 triliun. Sedangkan untuk kredit di sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menyentuh Rp817 miliar.

Dikatakannya, dana pinjaman tersebut berasal dari dana pihak ketiga (DPK) per 30 September yang mencapai Rp14,11 triliun. DPK ini juga naik 14,23% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Lanjut dia, sekira 50% dari DPK itu berasal dari luar daerah, seperti Jakarta, Surabaya dan Malang. “DPK dari luar daerah ini sangat perlu karena permintaan kredit di Provinsi Sulut dan Gorontalo cukup tinggi,” paparnya.

Adapun produk kredit dari BSG terdiri dari kredit usaha mikro sejahtera, kredit PNS, KPPA, KSU lembaga agama, KSU perorangan umum, kredit modal kerja, kredit dengan cash colateral, serta garansi bank.

Manajemen BSG sedang melaksanakan transformasi dalam rangka meningkatkan produk dan layanan perbankan. Diantaranya melalui program BSGdigital.  Di mana saat bisa dirasakan banyak transaksi sudah dilakukan melalui genggaman (gadget).

Adapun pengembangan BSGdigital saat ini yaitu:  SMS Banking V.4.2, layanan ini dapat diakses langsung oleh nasabah melalui layanan pesan singkat SMS dari perangkat ponsel.

BSG SMS Banking dapat ditransaksikan baik melalui SMS diketik manual/ langsung ataupun juga melalui aplikasi SMS Banking pada ponsel pintar Android dan iOS.

Kedua, USSD Banking, ini merupakan layanan transaksi perbankan melalui layanan telepon cepat. Nasabah cukup menghubungi *141*127# untuk mengakses layanan perbankan dengan cepat dan mudah.

Ketiga, BSGtouch, merupakan layanan perbankan yang diakses melalui aplikasi pada ponsel pintar dan dapat digunakan untuk mengakses Iayanan perbankan. Bank SulutGo, seperti transfer, pembelian/top up, ataupun pembayaran tagihan.

Keempat, BSGweekendbanking, di beberapa kantor cabang Bank SulutGo untuk memenuhi kebutuhan transaksi nasabah di akhir pekan. Kelima, BSGdebit, merupakan pengembangan fungsi dari kartu ATM Bank SulutGo menjadi alat pembayaran menggunakan kartu yang dapat ditransaksikan melalui mesin EDC terutama yang berlogo GPN (Gerbang Pembayaran Nasional). (stenly sajow)