Gerak Cepat OD, Sulut Tetap ‘Spesial’ di Mata Pemerintah Pusat

oleh -
Gubernur Olly Dondokambey melobi dan mengkoordinasikan langsung program Pemprov Sulut dengan Presiden Jokowi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani di kegiatan PBTI. (Ist)

MANADO – Pemerintah Pusat tetap memprioritaskan pembangunan di berbagai sektor di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di 2020. Hal itu menyusul langkah cepat Gubernur Olly Dondokambey (OD) mengkoordinasikan rencana dan program dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Sulut tetap menjadi prioritas pemerintah pusat dalam menopang pembangunan di daerah ini,” ungkapnya, Minggu (1/12/2019).

Gubernur mengatakan, terkait program dan rencana Pemprov Sulut kedepan, telah disampaikannya langsung dengan Presiden Jokowi dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam kegiatan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PBTI) di Jakarta, belum lama ini.

“Saya mengkoordinasikan langsung program-program kita. Termauk menjadikan Sulut sebagai tuan rumah KTT G20,” ucap Olly.

Dia menjelaskan, kegiatan PBTI tersebut, Presiden Jokowi memberikan arahan soal program pemerintah untuk memperkuat perekonomian bangsa, antara lain peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pembangunan infrastruktur.

“Pembangunan infrastruktur akan diteruskan dengan menyambungkan jalan-jalan tol di kawasan pertanian, industri, wisata, sentra nelayan, petani,” ungkap Olly, mengutip pernyataan Jokowi.

Kata dia, Presiden Jokowi menekankan soal penyederhanaan regulasi dengan tujuan mencapai kecepatan bagi dunia usaha untuk menanamkan modal di Tanah Air.

“Selain itu penyederhanaan birokrasi juga menjadi salah satu upaya untuk mencapai kecepatan,” terangnya.

Gubernur mengimbau masyarakat dan stakeholder, termasuk pemerintah daerah (pemda) di kabupaten/kota untuk menunjang bersama program pemerintah pusat dan Pemprov Sulut dalam memaksimalkan pembangunan daerah.

“Pastinya, dukungan dan support dari masyarakat akan sangat membantu menunjang pembangunan di Provinsi Sulut ini,” tukasnya. (rivco tololiu)