Tindaklanjuti Arahan Jokowi, Gubernur Dorong Pemda Kabupaten/Kota Percepat Akses Keuangan Masyarakat

oleh -
Gubernur Olly Dondokambey akrab bersam Menteri Keungan Sri Mulyani di kegiatan Rakor TPAKD. (Ist)
MANADO – Gubernur Olly Dondokambey mendorong pemerintah daerah (pemda) di kabupaten/kota mempercepat akses keuangan masyarakat.
Hal tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di Jakarta, Selasa (10/12/2019).
Gubernur Olly yang turut hadir dalam rakor tersebut, mendengarkan langsung arahan Presiden terkait mempercepat akses keuangan masyarakat, karena tingkat literasi masih tergolong rendah, yakni 35% dan inklusi keuangan sebesar 75%.
“Makanya, ini mesti kita seriusi bersama baik provinsi dan pemda di kabupaten/kota,” ungkapnya.
Lanjut dia, Presiden juga mendorong percepatan akses keuangan masyarakat baik menabung dan kredit.
“Pak Presiden mendorong agar anak-anak sejak dini dari SD, SMP hingga SMA/SMK diedukasi menabung dan bisa mengakses perbankan,” tuturnya.
Arahan Presiden soal mendorong siswa gemar menabung, telah tindaklanjuti sebelumnya oleh Pemprov Sulut yang terus giat-giatnya mensosialisasikan manfaat menabung bagi para pelajar.
Seperti moment Hari Menabung Nasional (HMN) yang digelar di ruang Mapalus, Kantor Gubernur Sulut, 20 Agustus 2019 lalu.
Gubernur dihadapan sekira 1.000 pelajar utusan dari SMA/SMK yang hadir saat itu, mengajak para siswa untuk belajar menabung meski dalam jumlah yang kecil.
“Harus ada niat menabung dulu. Manfaat menabung sangat besar, apalagi dibiasakan saat masih sekolah,” ungkapnya.
Bahkan, terkait upaya mendorong para siswa gemar menabung, Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut telah bekerja sama dengan BPB Bank SulutGo terkait program ‘One Student One Account’. (rivco tololiu)