Gubernur Komit Tindaklanjuti Program Jokowi Lewat RPJMN 2020-2024

oleh -
Gubernur Olly Dondokambey saat menghadiri Musrenbang RPJMN 2020-2024 di Istana Negara yang dibuka langsung Presiden Jokowi. (Ist)

JAKARTA – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menghadiri acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 yang dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengingatkan kembali apa yang akan pemerintah kerjakan dalam lima tahun ke depan.

“Yang pertama bahwa kita akan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur, karena kita ingin memperkokoh pondasi, dalam kita berkompetisi dengan negara-negara lain,” ujarnya.

“Sesakit apapun harus berani kita tahan agar yang namanya pembangunan infrastruktur betul-betul rampung dan selesai. Artinya kelanjutan pembangunan infrastruktur tetap kita laksanakan,” sambung Jokowi.

Gubernur Olly mengatakan, Presiden Jokowi mengingatkan rencana pemerintah ingin menyambungkan infrastruktur dengan kawasan industri hingga kawasan wisata yang ada di setiap daerah.

“Kalau tidak memiliki kemampuan di APBD, bisa konsultasi kepada Menteri PUPR. Berkonsultasi. Nanti saya takutnya diasosiasikan lain, semua berbondong-bondong konsultasi. APBD tidak mampu, ini yang bahaya,” ucap Olly, mengutip pernyataan Jokowi.

Lanjut dia, Presiden juga mencontohkan soal penyambungan antara bandara yang telah dan sedang dibangun dengan kawasan wisata Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Contoh lain adalah Manado, Yogyakarta, Mandalika (NTB), dan Danau Toba (Sumatra Utara).

“Ini yang berkaitan dengan kawasan wisata. Pak Presiden ingin konsentrasi pada lima objek tersebut, yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan bajo dan Manado. Setelah ini selesai tugas menpar melakukan promosi besar-besaran,” terangnya.

“Kita berkomitmen bersama menindaklanjuti berbagai program pembangunan lewat RPJMN 2020-2024. Masyarakat Sulut juga diharapkan dapat menunjang bersama program pemerintah pusat terkait pembangunan di Bumi Nyiur Melambai,” tandasnya. (rivco tololiu)