21 Panwascam Bolaang Mongondow Timur Pakai Baju Adat Saat Dilantik

oleh
Ketua Bawaslu Boltim saat melantik 21 anggota Panwascam, Senin (30/12/2019). (FOTO: Yanti Kansil)

BOLTIM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melantik dan melakukan pembekalan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Boltim untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati 2020, Senin (30/12/2019).

Pantikan berdasarkan surat keputusan Bawaslu Boltim nomor : 024/Bawaslu.SA.04/HK.01.01/XII/2019. Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 21 anggota panwascam resmi dilantik oleh Ketua Bawaslu Boltim Harmoko Mando. Menariknya, dalam pelantikan itu, seluruh anggota panwascam mengenakan pakaian adat Bolaang Mongondow. Dalam sambutannya, Harmoko mengatakan, pembentukan panwas kecamatan merupakan kewenangan Bawaslu kabupaten/kota, sehingga dia berharap dapat menggunakn kewenangan sesuai ketentuan peraturan undang-undang.

“Secara prinsip, proses seleksi dilakukan sesuai ketentuan. Banyak tenaga dan pikiran yang telah terkuras selama seleksi ini,” kata Harmoko. Dia juga mengucapkan selamat dan sukses kepada para anggota panwascam yang baru saja dilantik. “Saya percaya bahwa saudara-saudara akan melaksanakan tugas sebaik mungkin, sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan,” kata Harmoko.

Koordinator Divisi Pengawasan Susanto Mamonto menuturkan, pelaksanaan seleksi panwascam tahun ini, berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni menggunakan sistem online.

“Seleksi online ini, kita akan menaikkan kualifikasi panwas kecamatan yang tercermin melalui proses seleksi tersebut,” ujar mantan wartawan ini. Sementara itu, Ketua Divisi Hukum dan Penindakan Hariyanto menambahkan, anggota panwas kecamatan yang terpilih adalah orang-orang pilihan, yang sesuai ekspektasi.

“Saya mengucapkan selamat datang di keluarga besar bawaslu. Kita semua akan bekerja sama dalam melaksanakn tugas dan kewajiban pada Pilkada 2020 mendatang,” pungkas Hariyanto. (Novianti Kansil)