Target 200 Ribu Wisman di 2020, Pemprov Fokus Pembenahan hingga Perkuat Event Pariwisata

oleh -
Gubernur Olly Dondokambey saat menyambut wisman di Bandara Sam Ratulangi Manado, waktu lalu. (Ist)

MANADO – Pengembangan pariwisata yang digenjot Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) berhasil mendatangkan banyak wisatawan ke Bumi Nyiur Melambai yang terus meningkat setiap tahun.

Kepala Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) Provinsi Sulut Henry Kaitjily mengatakan, hingga akhir 2019 lalu, kunjungan wisatawan asing (wisman) diinformasikan sudah menyentuh angka 150 ribu orang.

“Nah, target kita di 2020 sebanyak 200 ribu wisman. Kita akan berupaya untuk mewujudkannya,” ungkap Kaitjily, Kamis (9/1/2020).

Selain memantapkan promosi, kata Kaitjily, pihaknya juga akan fokus dalam pembenahan objek wisata hingga mendorong untuk memperkuat event pariwisata di kabupaten/kota.

“Seperti objek wisata di Bukit Kasih Kanonang. Di situ kita akan benahi, karena sudah ada sejumlah tempat yang perlu dibuat bagus lagi. Kita akan lakukan secara bertahap,” bebernya.

Lanjut Kaitjily, event pariwisata kabuapaten/kota akan didorong agar setiap tahun bisa masuk dalam kalender pariwisata Nasional.

“Sekarang kan sudah empat yang masuk, yakni TIFF, Festival Pesona Bunaken, Festival Selat Lembeh dan Manado Fiesta. Kita akan dorong untuk memperkuat supaya event daerah yang lain bisa masuk,” bebernya.

Dia juga mengajak pemerintah daerah (pemda) kabupaten/kota untuk menggarap dan membenahi objek-objek wisata di daerahnya.

“Kan banyak objek wisata tersebar di kabupaten/kota. Intinya, pengembangan pariwisata butuh koordinasi dan sinergi yang baik dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota sendiri,” tandasnya. (rivco tololiu)