Sulut ‘Jual’ Kekayaan Daerah hingga Konsolidasi Target Menangkan Pilkada

oleh -
Bendahara Umum DPP PDIP Olly Dondokambey saat meninjau stand pameran Sulawesi Utara di kegiatan Rakernas I dan HUT ke-47 PDIP di Jl Expo Kemayoran, Jakarta. (Ist)

JAKARTA – Potensi dan kekayaan daerah Sulawesi Utara (Sulut) ikut dipromosikan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I dan HUT ke-47 PDI Perjuangan (PDIP) di Jl Expo Kemayoran, Jakarta.

Rakernas yang digelar dari Jumat (10/1) hingga Minggu (12/1) tersebut, turut dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Selain Jokowi dan Ma’ruf, hadir juga mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, Jusuf Kalla dan Boediono.

Bendahara Umum (Bendum) DPP PDI Perjuangan Olly Dondokambey mengatakan, dalam Rakernas kali ini, partainya akan mendorong kemajuan pariwisata, nilai spiritualits, serta keanekaragaman pangan di Indonesia, khususnya yang bisa dimanfaatkan untuk industri obat-obatan.

“Kemudian teknologi terapan yang dikembangkan oleh anak-anak Indonesia yang akan diangkat,” ucap Ketua DPD PDI Perjuangan Sulut tersebut, Minggu (12/1/2020).

Lanjut dia, kesempatan itu, potensi dan kekayaan daerah Bumi Nyiur Melambai ikut dipromosikan oleh setiap kader dari kabupaten/kota yang hadir.

“Setiap kader dari kabupaten/kota wajib membawa potensi daerahnya untuk dipromosikan. Baik itu sektor kelautan, perikanan, perkebunan dan sektor lainnya yang menjadi keunggulan daerah,” tuturnya.

Gubernur Sulut ini mengatakan, isu utama yang dibahas dalam Rakernas yaitu soal ilmu pengetahuan alam, industri rempah-rempah dan lingkungan hidup.

“Rakernas I menggelar pameran tentang kekayaan pangan, bumbu-bumbuan, rempah, kekayaan hayati, berbagai aplikasi teknologi dan lainnya. Itu menunjukkan keyakinan partai bahwa Indonesia memiliki modal yang begitu besar untuk maju,” tukasnya.

Nayodo Koerniawan, kader PDI Perjuangan yang juga menjabat Wakil Wali Kota Kotamobagu ikut memperkenalkan Gula Aren yang menjadi salah satu produk daerah Kotamobagu di Rakernas tersebut.

“Iya, saya memilih Gula Aren untuk dibawa ke Rakernas, guna diperkenalkan dalam pameran yang akan digelar di sela-sela kegiatan Rakernas PDIP tersebut,” ujar Nayodo, yang juga adalah Wakil ketua DPC PDIP Kotamobagu.

Nayodo berharap, lewat pameran yang akan digelar oleh PDIP tersebut, produk-produk khas lokal Kotamobagu bisa lebih dikenal, diseluruh Nusantara.

Rakernas itu juga membahas program dan konsolidasi kader PDI Perjuangan dalam menghadapi Pilkada Serentak 2020. PDI Perjuangan sendiri akan mengusung kadernya di 85 wilayah terdiri dari 3 provinsi dan 82 kabupaten/kota, dari 270 wilayah akan menggelar pilkada. (rivco tololiu)