Siapkan Seminar Nasional ‘Outlook Perekonomian Indonesia, Peluang dan Tantangan di Era Industri 4.0’

oleh -
(Logo KAGAMA/Foto:Ist)

MANADO – Keluarga besar Alumni Universitas Gajdah Mada (KAGAMA) Sulawesi Utara (Sulut) akan menyelenggarakan Seminar Nasional dengan mengusung tema ‘Oulook Perekonomian Indonesia,  Peluang dan Tantangan di Era Industri. 4.0’.

Seminar Nasional ini akan digelar di Ball Room lantai 6, Hotel Arya Duta Manado pada Selasa (21/1/2020).

Ketua Panitia Seminar Tri Oldy Rotinsulu Egam menyampaikan bahwa  seminar  ini akan berlangsung dari jam pukul 08.00 Wita hingga 13.00 Wita.

“Kegiatani ni akan menghadirkan Keynote Speech Prof Sri Adiningsih, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM Yogyakarta dan mantan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden RI,” ungkapnya, Minggu (19/1/2020).

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah (Pengda) KAGAM Sulut, Muh Rudi Mokoginta mengatakan, Seminar Nasiona ini direncanakan akan dibuka oleh Gubernur Olly Dondokambey.

Dia menjelaskan, dalam Seminar Nasional akan dibahas isu-isu lokal terkait kesiapan  industri dan pengembangan SDM, dengan menghadirkan para pembicara  yakni Guru Besar FEB Unsrat/Ketua ISEI Cabang Manado, Paulus Kindangen dengan topik ‘Peran dan Prospek Sektor Industri dalam Perekonomian Sulut’.

Lanjut Mokoginta,  pembicara lainnya yakni Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulut, Arbonas Hutabarat yang akan membahas topik ‘Prospek Perekonomian Sulut 2020’. Kemudian, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulut, Muhdi dengan topik ‘Tantangan SDM Sulut dalam Era Industri 4.0’.

“Yang menjadi moderator dalam seminar nanti yaitu Dekan FEB Unsrat Manado pak Herman Karamoy,” jelas Mokoginta.

Dia menuturkan, seminar ini akan membahas isu-isu perekonomian global, nasional dan Regional Sulut, serta kesiapan SDM Sulut dalam menghadapi peluang dan tantangan di era Industri 4.0.

Maka dari itu, diharapkan Mokoginta, hasil Seminar Nasinal dapat menjadi  masukan bagi pemerintah daerah dalam memperkuat kebijakannya untuk mengakselerasi  pembangunan ekonomi Sulut , khususnya KEK Bitung dan KEK Pariwisata Likupang, serta pembangunan  infrastruktur.

“Tentunya pada gilirannya diharapkan mampu  menciptakan banyak lapangan kerja, mereduksi angka pengangguran dan kemiskinan, agar masyarakat Sulut yang berjumlah 2,4 juta ini, akan semakin maju, berdikari dan sejahtera,” tandasnya.

Sekretaris panitia Peggy Egam mengimbau kepada seluruh anggota KAGAMA Sulut untuk dapat memastikan kehadirannya dalam Seminar Nasional melalui konfirmasi di whatsapp group Alumi KAGAMA dan panitia Seminar Nasional (081355077008,Oldy Rotinsulu/Ketua Panitia ) dan (082188356119, Peggy Egam/Sekretaris Panitia). (rivco tololiu)