Tinjau Lokasi, Gubernur Minta Percepat Pembangunan RSUD dan RS Mata

oleh -

MANADO – Gubernur Olly Dondokambey mendesak percepat pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Rumah Sakit (RS) Mata Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Itu disampaikannya saat meninjau langsung progres pembangunan dua rumah sakit tersebut, Selasa (21/1/2020).

Awalnya, Gubernur Olly yang didampingi Sekdaprov Edwin Silangen serta sejumlah pejabat eselon II Pemprov Sulut mendatangi lokasi pembangunan RSUD Provinsi Sulut di kawasan RSJ Ratumbuysang. Gubernur berdialog langsung dengan pelaksana proyek untuk menggali informasi jika ada hambatan.

“Saya sudah menanyakan lagsung ke pihak pelaksana proyek dan managernya progres pembangunan RSUD. Sejauh ini, tidak ada masalah serius dan akan diupayakan selesai tepat waktunya,” ungkapnya.

Gubernur selanjutnya melakukan peninjauan di RS Mata yang berlokasi di Kecamatan Wanea, Manado. Gubernur juga meminta pihak pengerjannya untuk dapat mempercepat penyelesaian pembangunan agar bisa beroperasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Mantan legislator Senayan ini berharap, pengerjaan proyek pembangunan dua rumah sakit tersebut pada Mei nanti sudah topping off.

“Artinya, pengerjaan konstruksinya sudah selesai. Ini sangat diharapkan selesai tepat waktu agar masyarakat bisa menikmati pelayanan dari dua rumah sakit yang dikelola Pemprov Sulut tersebut,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Provinsi Sulut dr Debie Kalalo menjelaskan, pembangunan dua rumah sakit tersebut merupakan upaya Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw menggenjot infrastruktur kesehatan di Bumi Nyiur Melambai.

“Rumah sakit itu nanti jadi rumah sakit rujukan. Ini akan membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai. Artinya, sudah banyak alternatif rumah sakit rujukan di Manado,” tandas Kalalo. (rivco tololiu)