Perkuat Sinergi Tegakkan Perda, Kotambunan Inisiasi Pertemuan Rutin Satpol PP Kabupaten/Kota

oleh -
Kepala Satpol PP Sulut Farly Kotambunan saat memimpin rapat pertemuan bersama Kepala Satpol PP kabupaten/kota. (ist)

MANADO – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Farly Kotambunan, menginisiasi pertemuan dengan semua Kepala Satpol PP kabupaten/kota se-Sulut untuk mensinergikan program kerja di 2020.

Kotambunan mengatakan, pertemuan yang digelar baru-baru ini membicarakan sejumlah hal yang menjadi tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Satpol PP.

“Kita berkomitmen bersama untuk saling mendukung dalam pelaksanaan tugas di masing-masing daerah,” ungkapnya, Senin (27/1/2020).

Dia menjelaskan, seperti dalam hal menegakkan peraturan daerah (perda) yang menjadi tugas utama Satpol PP.

“Istilahnya kita saling membantu. Seperti menjaga bersama aset Pemprov Sulut berupa bangunan yang berada di kabupaten/kota. Begitu juga aset bergerak milik pemda kabupaten/kota yang melintas di wilayah provinsi,” terangnya.

Pertemuan itu juga, lanjut Kotambunan, Kepala Satpol PP kabupaten/kota menginginkan adanya fasilitasi dari Satpol PP Pemprov Sulut untuk melakukan konsultasi ke pemerintah pusat.

“Maksudnya untuk mendengar arahan atau program kerja yang akan disinergikan bersama dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan program Satpol PP di daerah,” tuturnya.

Kotambunan menuturkan, pertemuan yang dilakukan tersebut direspon sangat positif oleh Satpol PP dari kabupaten/kota tersebut.

“Mereka sangat mendukung pertemuan yang dikoordinir oleh Satpol PP Sulut. Mereka berharap kegiatan pertemuan itu bisa digelar secara rutin untuk mengkoordinasikan sejumlah agenda kegiatan,” tuturnya.

Kotambunan juga mengingatkan soal pentingnya menunjang program instansi terkait seperti kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban daerah.

“Pastinya menjaga daerah agar kondusif aman salah satu tugas dari Satpol PP. Lewat koordinasi dan sinergi yang baik, tentunya akan memaksimalkan tugas bersama,” tandasnya. (rivco tololiu)