Permudah Pelayanan, PTA Manado Launching Aplikasi e-samani dan Buku Tamu Elektronik

oleh -
Kantor Pengadilan Tinggi Agama Manado melaunching dua aplikasi dalam mempermudah pelayanan. (Ist)

MANADO – Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Manado melakukan inovasi dengan melaunching aplikasi untuk menunjang pekerjaan sehari-hari, dan juga untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

Kegiatan ini bertempat di kantor PTA Manado lantai 2, Jl 17 Agustus Bumi Beringin, Kecamatan Wenang, Manado, (13/2/2020).

Seperti yang diketahui, sekarang ini sudah memasuki era digital 4.0 yang artinya pekerjaan mesin atau teknologi akan lebih diperdayakan. PTA Manado memanfaatkan hal tersebut dengan meluncurkan aplikasi. Dalam Launching aplikasi ini, diluncurkan 2 Aplikasi sekaligus yaitu e-samani dan buku tamu elektronik yang diperkenalkan langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado H. Cholidul Auzhar.

Sementara itu, menurut Wakil Ketua PTA Manado Mame Sadadal, bahwa Aplikasi pertama yaitu ‘e-samani’ berfungsi sebagai sistem aplikasi untuk memonitoring absensi para karyawan.

“Selain itu dengan adanya inovasi e-samani ini untuk memudahkan dalam memonitoring absen dan mengevaluasi tingkat kedisiplinan pimpinan serta pegawai PTA Manado,” ujar Sadadal.

Sebelum ada e-samani ini, cara untuk melihat absensi pegawai yaitu menarik data dari lokal area seperti flash disk atau usb, namun dengan adanya aplikasi baru ini secara bertahap dan otomatis absen dari pegawai PTA Manado akan masuk ke server, dengan demikian PTA langsung menginput datanya ke Komdanas Mahkamah Agung.

“Selain itupun semua elemen diluar PTA Manado bisa mengakses dan mengevaluasi kinerja PTA Manado dan bukan hanya PTA Manado saja tapi satker-satker dibawahnya (Pengadilan Agama se-Sulawesi Utara) juga bisa di evaluasi kinerjanya,” pungkasnya.

Lanjut dia, aplikasi yang kedua diberi nama ‘Buku Tamu Elektronik’ berfungsi supaya masyarakat yang datang tidak mengisi secara manual di buku tamu tapi sudah ada web atau linknya.

“Ketika datang di PTA Manado biasanya pengunjung harus mengisi buku tamu dan harus berjumpa dengan Humas terlebih dahulu. Tapi dengan adanya Buku Tamu Elektronik ini, kita tinggal mengirim email dan masukkan nama serta maksud tujuan kita datang ke PTA Manado,” terang Wakil Kepala Pengadilan Tinggi Agama Manado tersebut. (schwars tompodung)