Dampingi Uskup Manado, OD-JFE Resmikan Gereja Kumelembuai

oleh -
Gubernur Sulut  dan Wali Kota Tomohon berfoto bersama dengan  Uskup Manado saat mengikuti acara peresmian gereja Kumelebuai Paroki Roh Kudus Tomohon. (FOTO:Istimewa)

TOMOHON –  Dalam kesempatan berbahagia, dimana gedung gereja yang sederhana milik umat stasi Kumelembuai Paroki Roh Kudus Tomohon bisa diresmikan. Aset berharga bernama gereja St Petrus Kumelembuai ini diresmikan  oleh Uskup Keuskupan Manado Mgr Estephanus Rolly Untu MSC bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wali Kota Tomohon Jimmy Eman, pada Minggu(16/2/2020). Peresmian diawali pengguntingan pita, penandatanganan prasasti, dilanjutkan misa syukur sekaligus pemberkatan gedung gereja yang dipimpin Uskup Manado Mgr Rolly Untu MSC.

Mengawali sambutannya, Gubernur Olly Dondokambey memberikan selamat kepada umat yang sudah bisa menikmati hasil kerja keras pembangunan gereja baru. “Lewat program Pemprov Sulut dimana menjaga  persatuan dalam rangka mengembangkan iman masing-masing, karena dengan iman yang baik, dapat membantu perkembangan daerah Sulut menjadi lebih baik. Tentunya Pemerintah Provinsi ikut menaruh perhatian dalam segala aspek pembangunan sarana fisik dalam pertumbuhan iman warga gereja,” jelas Olly.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga menyampaikan bantuan baik dari Pemprov maupun pribadi keluarga untuk gereja stasi Kumelembuai. “Juga disampaikan ke Uskup dan umat sekalian, kalau ada yang belum selesai untuk pembangunan gereja ini silahkan menyurat ke Pemprov Sulut kami bantu dana Rp100 juta untuk dari saya pribadi dan keluarga menyumbang Rp 15 juta. Selamat bagi umat stasi Kumelembuai lewat diresmikannya gedung gereja yang baru ini,” tukas OD yang tidak bisa bersama-sama dengan umat hingga acara selesai.

Sementara itu Wali Kota Tomohon, Jimmy Eman dalam sambutannya menyampaikan proficiat atas peresmian dan pemberkatan gedung gereja yang megah dan dibangun melalui semangat yang dilandasi dengan kerja keras dan komitmen iman bersama oleh seluruh umat. “Keberadaan umat bukanlah bangunannya yang utama, tetapi iman yang kokoh kuat dan ditunjukan melalui kasih, sikap dan perilaku kepada Tuhan dan kepada sesama kita. Dengan dibangunnya gereja yang baru ini, seakan lebih menjelaskan Tomohon sebagai Kota Religius,” jelas Eman.

Dirinya berharap sebagai umat akan senantiasa terus menjadi berkat bagi pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon umumnya.  serta tetap membawa Kota Tomohon semakin religius, aman, damai, sejahtera serta kokoh kuat dalam iman, harap dan kasih. “Apalagi dijelaskan umat yang ada di sini hanya sekitar 20an keluarga namun memiliki semangat yang besar dalam membangun gedung gereja yang representatif. Sekali lagi selamat semoga ini menjadi motivasi bagi iman kita,” harap Eman sembari mengadakan pengumpulan dana spontanitas dari pejabat yang hadir dengan total Rp10 juta.

Tampak hadir para Pastor Vikep Tomohon Pst Alrlbertus Imbar Pr, Pst Glen Woi Pr, para biarawan, tokoh agama dan masyarakat, anggota DPRD Provinsi Sulut Wenny Lumentut, Wakil ketua DPRD Kota Tomohon Carrol Senduk SH bersama anggota DPRD, serta para pejabat Jajaran Pemkot Tomohon. (Wailan Montong)