Philippines Airlines Jadwalkan Penerbangan Langsung ke Manado, Siap Bawa Wisman Jepang dan Korsel

oleh -
Tampak, pertemuan Tim Philippines Airlines dengan Pemprov Sulut. (Ist)

MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus melakukan lobi dan kerja sama dengan pihak luar untuk mendatangkan wisawatan mancanegara (wisman) ke Sulawesi Utara (Sulut). Salah satunya bekerja sama dengan Philippines Airlines (PAL) untuk menjaring wisman Jepang dan Korea Selatan (Korsel).

PAL sendiri akan membuka penerbangan langsung ke Manado pada 17 Mei 2020 mendatang. Pihak manajemen PAL telah melakukan pertemuan dengan Dinas Pariwisata Daerah (Dispar) Sulut dan siap menjual aneka paket wisata di market Jepang dan Korsel.

Staf Khusus Gubernur Bidang Pariwisata, Dino Gobel mengatakan, PAL memiliki jalur penerbangan langsung Incheon Seoul ke Cebu, juga Narita Tokyo ke Cebu. Kata Dino, PAL menyatakan optimis akan membuat perjalanan turis Korsel dan Jepang itu bisa lanjut ke Manado.

“Dengan begitu, target Gubernur Bapak Olly Dondokambey dan Wagub Bapak Steven Kandouw agar Sulut segera membuka jalur ke Tokyo dan Seoul, segera terwujud,” ujar ungkap Dino, Senin (17/2/2020).

Sementara itu, Kepala Disparda Henry Kaitjily meyakinkan potensi pasar Korsel di Sulut, yaitu dengan menjelaskan adanya investasi pengusaha Korsel di Likupang, diantaranya investasi resort dan lapangan golf profesional.

“KEK Pariwisata dalam persiapan pembangunan. Ada jalan raya baru yang menghubungkan Bandara Samrat dan KEK Likupang yang hanya memakan waktu 35 menit,” ungkap Kaitjily.

Kaitjily juga memberikan berbagai masukan penting ke tim PAL terkait evaluasi investasi yang selama ini sudah dan pernah ada demi kelancaran penerbangan Manila-Manado.

“Belajar dari pengalaman masa lalu, banyak penerbangan ke Davao gak berusia lama. Nah kiranya PAL bisa berkelanjutan seperti partnernya Garuda Indonesia yang sudah eksis dan tetap terbang Manado-Davao,” tuturnya.

Tim PAL selama berada di Manado mengadakan pertemuan tim travel agent yang dimotori ASITA Sulut pimpinan Merry Karouwan. (rivco tololiu)