ASN Wajib Laporkan SPT Tahunan, Gubernur Sebut Pajak Salah Satu Tulang Punggung Keuangan Negara

oleh -
Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw dan Sekdaprov Edwin Silangen saat melaporkan SPT Tahunan melalui e-Filling. (Ist)

MANADO – Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Sulut dan masyarakat sebagai wajib pajak untuk melaporkan SPT Tahunan.

OD-SK sendiri memberikan contoh kepatuhan sebagai wajib pajak dengan datang melaporkan sendiri SPT Tahunan 2019 di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Manado, kemarin.

Keduanya datang bersama Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw dan Sekdaprov Edwin Silangen serta sejumlah pejabat eselon II Pemprov Sulut.

Gubernur Olly mengatakan bahwa SPT wajib dilakukan seluruh pejabat, pegawai maupun masyarakat. Sebab, menurutnya, pajak merupakan salah satu tulang punggung keuangan Negara. Karena itu, harus dibarengi dengan etos kerja yang lebih baik.

“Dengan adanya e-Filing, maka semua akan dimudahkan, pelaporan SPT akan semakin cepat jika menggunakan e-Filing, karena bisa dari mana saja,” terang Gubernur Olly.

Dia juga menginstruksikan semua ASN di Pemprov Sulut sebagai wajib pajak untuk segera melaporkan SPT Tahunan dan membayar pajak.

“Setiap ASN juga diwajibkan menggunakan e-Filing dalam penyampaian SPT,” tuturnya.

Gubernur juga mengingatkan semua pengusaha di Bumi Nyiur Melambai untuk bersama melaporkan SPT Tahunan tersebut.

“Pengusaha juga harus melapor pajak, karena pajak ini untuk kemajuan bangsa,” tukasnya.
Dia menuturkan, kalau target pajak di Sulut bisa mencapai 100%, pastinya daerah ini akan lebih diperhatikan oleh pemerintah pusat.

“Ini juga program pemerintah pusat yang wajib kita tunjang bersama. Apalagi manfaat pajak juga untuk menunjang pembangunan daerah. Makanya hal ini patut menjadi perhatian bersama,” tandasnya.

Pengamat ekonomi Sulut Magdalena Wullur menambahkan, pelaporan SPT dan membayar pajak merupakan satu kewajiban masyarakat sebagai wajib pajak yang mesti ditaati.

“Itu salah satu sumber pendapatan Negara yang penggunaan salah satunya untuk membiayai pembangunan. Jadi hal itu menjadi kewajiban bagi semua wajib pajak di Bumi Nyiur Melambai,” tambahnya. (rivco tololiu)