Ini Cara Membuat Hand Sanitizer Ala Dinkes Bitung, Masyarakat Bisa Coba di Rumah

oleh -
Dinas Kesehatan bersama jajaran kesehatan membuat Hand Sanitizer, di Puskesmas Bitung Barat, Kamis (19/3/2020). (FOTO: Istimewa)

BITUNG – Menjawab kelangkaan hand sanitizer, Pemerintah Kota Bitung melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), melakukan pembuatan hand sanitizer dari bahan tumbuhan rumahan yang mudah diperoleh. Pembuatan hand sanitizer ini dipimpin Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Bitung, di Puskesmas Bitung Barat, Kamis (19/3/2020).

Menurut Kadis Kesehatan Bitung dr Jeanestte Watuna, campuran pembuatan hand sanitizer ini sudah uji dan dipromosikan beberapa waktu lalu saat adanya flu burung. Kata dia, Bahan-bahan yang digunakan, sangat mudah untuk didapatkan dan pembuatannya sangat sederhana.

“Pembuatan hand sanitizer ini dilakukan atas petunjuk Bapak Wali Kota Bitung Maximilian Jonas Lomban, karena sudah langka dan susah ditemukan. Karena itu, kami meracik agar warga bisa mengetahui dan bisa dibuat sendiri di rumah,” ujarnya.

MEMBUAT HAND SANITIZER
1. Bahan-Bahan :
– 50 gram Daun Sirih (Dipotong halus)
– 8 ml Perasan Jeruk Nipis
– 150 ml Air

Cara Membuat :
Daun sirih masukan dalam rebusan air selama 30 menit. Setelah itu disaring dan tambahkan jeruk nipis. Dinginkan. Hand sanitizar siap digunakan.

2. Bahan-Bahan :
– Kemangi
– Lidah Buaya (Dibuang Kulitnya)
-Sedikit Air

Cara Membuat :
Bahan-bahan dicampur sedikit air dengan perbandingan 1:1. Kemudian di-blender dan disaring. Siap digunakan.

(Yappi Letto)