Pesawat Hercules TNI AU Angkut Bantuan APD untuk Penanganan Korona di Sulut

oleh -
Penyerahan bantuan APD di Lanud Sam Ratulangi, Kamis (26/3/2020). (ist)

MANADO- Pesawat Hercules TNI AU, CN-295 milik Skuadron Udara 2 Pangkalan Udara (Lanud) Milite Halim Perdanakusuma tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado dengan membawa Alat Pelindung Diri (APD), bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menanggulangi wabah virus korona (Covid-19) di Sulut.

Bantuan APD sendiri disambut unsur forkopimda, di antaranya Komandan Lanud Sam Ratulangi, Kapolda Sulut, Danlantamal VIII, Gubernur Sulut diwakili Kepala Dinkesda dan Kaban BPBD Sulut serta perwakilan dari Kodam XIII/Merdeka.

Komandan Lanud Sam Ratulangi, Kolonel Pnb Johnny Sumaryana mengatakan,  pengerahan pesawat Hercules ini tak lepas dari campur tangan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey yang merequest secara langsung kepada dirinya.

“Hari ini direalisasikan, kami angkatan udara membantu pemerintah mengangkut logistik berupa alat pelindung diri ini,” ujar Sumaryana, Kamis (26/3/2020).

Lanjut dia, APD yang dimuat sebbanyak 60 koli. Dimana setiap koli berisi sekira 50 paket APD, sehingga total ada 3000 APD yang diangkut.

“Langsung diserahkan kepada pemerintah daerah dalam hal ini Kepala Dinkesda dan BPBD Sulut,” papar Sumaryana.

Sinergitas ini disambut baik Kepala Dinkesda Sulut, dr Debbie Kalalo yang menyampaikan bahwa APD ini akan segera didistribusikan ke Rumah Sakit rujukan yang sudah ditunjuk Kementerian Kesehatan.

“Kemudian juga ada untuk rumah sakit penunjang. Totalnya ada 17 rumah sakit,” ungkap Debbie. (Fernando Rumetor/get)