Perangi Covid-19, Wilayah Kota Bitung Disemprot Desinfektan

oleh -
Wali Kota Bitung, Max J Lomban, mengenakan APD kepada petugas penyemprot di tribun lapangan upacara Kantor Wali Kota Bitung, kemarin. (FOTO: Yappi Letto)

BITUNG – Dalam upaya memerangi virus korona (Covid-19), Wali Kota Bitung Max J Lomban mengerahkan seluruh kekuatan Pemkot Bitung dan meminta bantuan TNI, Polri serta BUMN untuk melakukan penyemprotan serentak di seluruh wilayah Kota Bitung, Selasa (31/3/2020).

Dalam sambutan saat melepas tim penyemprot, Lomban memberikan apresiasi atas keseriusan seluruh jajaran Forkopimda dalam memerangi Covid-19 di Kota Bitung. “Kita akan melakukan penyempotan desinfektan di beberapa tempat, terutama di tempat-tempat keramaian. Sebagaimana diketahui bahwa apa yang terjadi di Jakarta terjadi di tempat-tempat yang lain, terutama di pulau Jawa, itu juga terjadi di Sulawesi Utara sesuai laporan-laporan dari tim terutama kesehatan,” ungkapnya.

Lomban menambahkan, sampai saat ini masih ada pasian yang observasi di RSUD Prof Kandou bahkan ada 26 orang berstatus PDP, dan mereka sekarang sedang dipantau. “Kita berharap, semua yang terpapar atau yang sedang ada di masyarakat Kota Bitung yang jumlahnya tiga orang itu, mudah-mudahan dalam waktu dekat juga dapat informasinya,” tuturnya.

Lanjut dia, penyemprotan yang dilakukan agar warga Kota Bitung terhindar dari Covid-19. “Lindungi diri Anda dengan menggunakan topi, kacamata atau pelindung mata dan kemudian pelindung mulut standar, agar supaya desinfektan tidak meracuni kita, perhatikan arah angin, dan lokasi yang nantinya akan disemprot itu sesuai dengan petunjuk arahan dari pimpinan,” ujarnya, sambil berharap, bencana ini cepat berlalu dari bumi ini terutama di Kota Bitung.

Dalam penyemprotan ini, Pemkot mengrahkan seluruh armada mobil pemadam kebakaran, Polres Bitung dengan mobil water canon dan 1 unit mobil pemadam dari PT Pelindo serta tim penyemprot SatPolPP juga aparat Kodim 1310 Bitung. Adapun 2 tim yang disebar dalam penyemprotan ini, tim 1 melaksanakan penyemprotan di Pasar Winenet, Pasar Cita, pusat kota, Kantor Imigrasi. Kemudian Polsek Maesa, Koramil 1310-01, Pasar Girian, sedangkan dua menyusuri jalan protocol, kompleks perkantoran Pemkot Manembo-nembo, serta rumah-rumah ibadah.

Hadir juga dalam kesempatan ini, Ketua DPRD Kota Bitung, Aldo Ratungalo, Dandim 1310 Bitung, Letkol Inf Kusnandar Hidayat, Kapolres Bitung, AKBP FX Prabowo, Kejari Bitung, Ariana Juliastuty, Kasat Pol-PP Herry Benjamin dan Kadis Kesehatan, dr Jeanesre Watuna. (Yappi Letto)