Wajib Isolasi Mandiri! Rumah Pelaku Perjalanan di Tomohon Diberi Label

oleh
Rumah para pelaku perjalanan mulai dilabeli petugas. Ketas tersebut tercantum masa mulai dan berakhirnya isolasi mandiri. (FOTO: Istimewa)

TOMOHON- Masyarakat pelaku perjalanan  (PP) yang datang dari luar daerah pulang ke Kota Tomohon terus meningkat. Dari data yang diperoleh hingga Selasa (14/4/2020), ada 1.195 orang.

Sesuai dengan penegasan yang dikeluarkan lewat maklumat Wali Kota Nomor 67/2020, setiap rumah pelaku perjalanan dilabeli oleh petugas beserta jangka waktu isolasi mandiri.

Melalui Jubir Gugut Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tomohon Yelly Potuh, sesuai koordinasi dengan kecamatan dan kelurahan, pemerintah terus menjalankan komitmen terlebih penegasan terkait maklumat wali kota tersebut. “Setiap pelaku perjalanan diberikan label di pintu rumah, di dalamnya tertuang masa mulai dan berakhirnya isolasi mandiri. Dan tentunya petugas keamanan bersama perangkat terus mengawasi,” jelas Potuh.

Melihat perkembangan yang ada, bukan hanya pelaku perjalanan yang terjadi peningkatan. “Juga yang telah selesai dipantau mengalami peningkatan yaitu 845 orang, selanjutnya orang dalam pemantauan (ODP) tetap 41 orang, untuk pasien dalam pengawasan tetap 4,” ujar Kepala Bidang Layanan Informasi Publik, Hubungan Media dan Statistik Diskominfo Tomohon ini, Selasa (14/4/2020).

Diharapkan pula, masyarakat Kota Tomohon bersama-sama memutus rantai penyebaran virus korona ini. “Dengan menjaga pola hidup  bersih dan sehat, juga saling membantu dengan dapat memberikan dukungan moral spiritual dan bukannya menghakimi atau mengucilkan atau membangun stigma negatif,” harapnya. (Wailan Montong)