Gugus Tugas Covid-19 Sulut Laporkan PDP 67 Orang dan ODP 255 Orang

oleh
(Ilustrasi/Istimewa)

MANADO – Gugus Tugas Covid-19 Sulawesi Utara (Sulut) memperbaharui data pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP) di Bumi Nyiur Melambai.

Jubir Gugus Tugas Covid-19, dr Steaven Dandel menjelaskan, jumlah PDP saat ini sebanyak 67 orang. Kemudian, jumlah ODP tercatat 255 orang.

Dia memaparkan, untuk jumlah ODP sendiri totalnya ada 914 orang, dengan rincian 659 orang sudah selesai dipantau, dan 255 orang masih dalam pemantauan oleh dinas kesehatan di kabupaten/kota.

“Orang yang berstatus ODP dinyatakan selesai pemantauan jika selama 14 hari tidak mengalami gejala atau hal yang mencurigakan terkait Covid-19,” terangnya, Minggu (19/4/2020).

Kemudian, lanjut dia, untuk PDP sebanyak 67 orang sementara dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan. Diterangkannya, RSUP Kandou merawat 20 pasien, RS Bhayangkara 6 pasien, RSUD Anugerah Tomohon 11 pasien, RS Wolter Monginsidi 3 pasien, RSUD Sam Ratulangi Tondano 1 pasien, RSUD Pobundayan Kota Kotamobagu 12 pasien, RSUD Walanda Maramis 2 pasien, RSUD Bolmut 2 pasien, RS Pancaran Kasih Manado 5 pasien, RSUD Datoe Binangkang Bolmong 1 pasien, RS Bethesda 2 pasien, RS Noongan Minahasa 1 pasien, dan RS Gunung Maria 1 pasien.

“Mereka saat ini sedang menunggu hasil pemeriksaan swab. Jika dua kali hasilnya negatif, maka pasien berstatus PDP tersebut akan dipulangkan dari rumah sakit, tetapi tetap dalam pemantauan,” tukasnya. (fernando rumetor/tr-02)