Gubernur Paparkan Efektivitas Penyaluran Bantuan Lewat Rumah Ibadah saat Vidcon dengan Pengurus PGI

oleh
Gubernur Olly Dondokambey saat vidcon bersama Ketua Umum dan pengurus PGI. (Istimewa)
MANADO – Gubernur Olly Dondokambey selaku Ketua Unsur Non Pendeta Majelis Pekerja Harian (MPH) Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) memaparkan efektivitas penyaluran bantuan lewat rumah ibadah lewat video conference (vidcon) dengan Ketua Umum PGI Pdt Gomar Gultom dan seluruh pengurus PGI, Selasa (21/4/2020).
Gubernur mengakui pentingnya peranan lembaga agama dalam mendukung upaya pemerintah mempercepat penanganan virus korona (Covid-19) bagi masyarakat yang terdampak di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).
Menurutnya, lembaga agama dapat membantu penyaluran bantuan sembako bagi masyarakat.
“Ketua jemaat dan pimpinan rumah-rumah ibadah yang memberikan nama yang perlu dibantu, itu yang pemerintah langsung kirim bantuannya ke gereja tersebut untuk masyarakat serta anggota jemaat yang mendapatkan langsung bantuan,” paparnya.
Lanjut dia, sebelum dilakukan pembagian sembako, pemerintah telah melajukan pertemuan untuk mematangkan tahap penyaluran bantuan.
“Kita telah rapat dengan tokoh-tokoh agama. Nah, minggu lalu sudah mulai kita salurkan by name by addres untuk anggota jemaat, sehingga mempercepat proses penyaluran bantuan yang dibutuhkan masyarakat,” tuturnya.
Bukan cuma di gereja, kata Olly, lewar masjid pun dilakukan hal yang sama, yaitu bekerja sama dengan guru agam dan tokoh agama muslim di Sulut.
“Nah, ini jalan semua, karena kalo menunggu lewat birokrasi lama, karena mesti menyiapkan KTP, tunggu ini, dan tunggu itu. Intinya, ada pencatatan jelas supaya bantuan tidak tumpang tindih,” tandasnya. (rivco tololiu)