Hari Kartini, Jilly Gabriela Eman Ajak Warga Sulut Tetap Semangat di Tengah Pandemi Covid-19

oleh
Jilly Gabriela Eman. (FOTO: Istimewa)

SEMBOYAN berkarakter yang tercatat dengan tinta emas seorang pejuang yang mengedepankan emansipasi wanita, “Habis Gelap Terbitlah Terang” langsung mengingatkan dengan Raden Ajeng Kartini.

Makna besar tersirat di tengah situasi dunia yang tengah beperang dengan pandemi virus korona (Covid-19) saat ini. Diyakini, pasti bangsa kita akan bangkit seusai menghadapi kegelapan yang diakibatkan hantaman virus mematikan ini.

Ini yang menjadi pedoman salah satu Kartini masa kini di Kota Tomohon, Jilly Gabriela Eman. “Kartini adalah figur yang memperjuangkan kesetaraan peran antara perempuan dan laki-laki agar perempuan bisa turut aktif berkontribusi dalam kemajuan bangsa. Dalam memperingati hari Kartini di era ini di tengah situasi seperti sekarang, mari kita mencontoh semangat Kartini yang tetap berperan aktif dan tetap produktif walaupun sedang terbatas dengan pandemi,” ucap Gabby, sapaan akrabnya, Selasa (21/4/2020).

Wanita muda dan energik ini menuturkan, perlu upaya yang nyata dari semua orang guna memutus rantai penyebaran virus yang tengah menjadi musuh dunia ini. “Work from home, study from home, dan dengan menaati imbauan pemerintah, kita juga sudah turut terlibat membantu mengatasi pandemi ini. Tetap semangat, tetap produktif dan tetap waspada juga menjaga pola hidup bersih dan sehat,” harapnya. (Wailan Montong)